Beranda Lawang Kidul Program VOKASI PTBA Mendapat Dukungan Kementrian Perekonomian

Program VOKASI PTBA Mendapat Dukungan Kementrian Perekonomian

424
0

 

Laporan : Rudi yansyah

MuaraenimNews, LAWANG KIDUL – Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA) adalah program Pendidikan VOKASI ( Pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu) yang didirikan PT Bukit Asam Tbk dan Holding (PT Antam, PT Inalum, dan PT Timah). Saat ini tengah mendidik 42 mahasiswa melalui 3 bidang studi yakni Teknik Pengoperasian Peralatan Tambang, Teknik Pengolahan Hasil Tambang, dan Teknik Perawatan Peralatan Tambang, Selasa (09/07/2019).

kampus AKIPBA berlokasi di Bukit Munggu Tanjung Enim  Kecamatan Lawang Kidul. Kabupaten Muaraenim mendapat kunjungan Deputi IV Kementrian Perekonomian RI oleh Rudi Salahudin. Dari PTBA disambut oleh GM UPTE Suhedi, Manager Humas, SM CSR Swarto, dan pejabat PTBA lainnya. Selama berada di dalam kampus, Deputi menyaksikan kegiatan mahasiswa yang tengah mengikuti praktek elektro, dan pengoperasian alat tambang elektrik.

“Saya sangat mendukung pendidikan vokasi yang didirikan PTBA, dimana perusahaan menyelenggarakan pendidikan tinggi yang menunjang pada keahlian bidang pertambangan. Mudah-mudahan nantinya bisa mencetak generasi muda ahli pertambangan,”ucap Rudi pada acara itu.

Selama berada di Tanjung Enim, rombongan bersama deputi juga mengunjungi tempat-tempat binaan CSR PT Bukit Asam, diantaranya rumah songket, rumah batik, sentra industri makanan kecil masyarakat sekitar tambang. Rombongan juga melihat wilayah bekas tambang yang sudah disulap menjadi tempat wisata, yakni Zoo And Jogging Track, pembibitan, tambang Bangko Barat, dan audiensi dengan pemerintah daerah Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu, Ketua Bukit Asam Foundation, Julismi mengatakan, melalui kunjungan ini dapat meningkatkam kerjasama bidang peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan Bukit Asam Foundation, dan khususnya Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam. Berkat kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan baik dengan Kementrian Perekonomian maka kampus AKIPBA bisa berjalan.

“Berkat bantuan Pak Deputi ini, proses perijinan AKIPBA bisa cepat selesai, dan kali ini Pak Deputi bisa melihat langsung kegiatan oendidikannya. Kita sangat senang mendapat dukungan penuh beliau,”kata Julismi.

Foto : Deputi IV Kemetrian Perekonomian saat didalam kampus AKIPBA Tanjung Enim