Beranda Tanjung Agung Polsek ini Gagalkan Rencana Saling Serang Antar Warga Desa

Polsek ini Gagalkan Rencana Saling Serang Antar Warga Desa

81
0

 

Laporan Hafiz

Muaraenim News, TANJUNGAGUNG – Beberapa warga desa  Selman dan Lesung Batu, Kecamatan Tanjungagung, Kabupaten Muaraenim, nyaris saling serang, hal ini diakibatkan salah faham antar kedua belah pihak di Simpang Cempung, Desa Paduraksa pada Sabtu (15/6/2019) lalu, kesalahfahaman  tersebut berlanjut hingga ke medsos dan menjadi viral. Mengantisipasi hasil deteksi dini pihak kepolisian terkait pemaslahan tersebut pihak polsek langsung melakukan mediasi antar keduabelah fihak, Selasa (18/6/2019)

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, viralnya di medsos,  ajakan untuk melakukan penyerangan ke desa ini membuat warga cukup khawatir, sehingga Bhabinkamtibmas Polsek Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim,  lewat giatnya Ngobrol Polisi dan Masyarakat (Nobarpolmas) langsung mengambil tindakan dan memanggil kedua belah fihak ke Polsek setempat untuk di mediasi.

Adapun  warga yang berselisih paham tersebut
Warga Selman Rangga Saputra Bin Sulhan (19), Dino Saputra (21), Syaban (20), Aji facika suta (19). Sementara Agung Trianda bin Nasirin, (20)warga Lesung Batu, Kecanatan Tanjungagung, Kabupaten Muara enim.

KapolreS Muaraenim Akbp Afner Juwono SH Sik MH melalui Kapolsek Tanjungagung Akp Arif Mansyur SH Sik MM membenarjan hal tersebut. Setelah dilakukan musyawarah mufakat secara kekeluargaan dan tanpa paksaan dari pihak manapun, kedua belah pihak sepakat berdamai dan kedua belah pihak sepakat tidak akan mengulangi perbuatan tersebut serta saling memaafkan dan menghapus postingan yang ada di medsos.

“Tujuan dilakukannya giat Nobarpolmas, yaitu mencari tahu permasalahan yang ada di desa dan atau melaksanakan problem solving tanpa harus diselesaikan melalui jalur hukum dan tanpa biaya, dengan harapan meningkatkan public trust atau kepercayaan masyarakat terhadap polisi terutama Polsek Tanjung Agung. Atau dengan kata lain Polisi tidak hanya dapat menyelesaikan permasalahan melalui penegakan hukum, namun dapat diselesaikan diluar penegakan hukum atau mencari solusi yang terbaik demi tercapainya mufakat antara pihak yang berselisih paham (win win solution),” Papar Arif.

 

Personil polri yang memediasi permasalahan ini Bripka Suprianto, Brigpol Irwansyah, Brigpol Bustanil, Brigpol Tetra, Brigpol Hadi P dan Brigpol Dwi yatmuko.