Beranda MuaraEnim Plt. Bupati Muaraenim Menghimbau Masyarakat Awasi Keberadaan Orang Asing

Plt. Bupati Muaraenim Menghimbau Masyarakat Awasi Keberadaan Orang Asing

209
0
Laporan M.Zulfadli
Muaraenim News, MUARAENIM- Plt. Bupati Muaraenim, H. Juarsah, S.H pagi tadi membuka Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas II Non-tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) Muaraenim, kegiatan ini digelar di Hotel Griya Sintesa Muaraenim, Kamis (27/02/2020).
Kegiatan Rakor ini dihadiri oleh sekitar 40 orang yang terdiri dari perwakilan unsur Forkompimda, kepala organisasi perangkat daerah terkait dan para pemangku kepentingan di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non-tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) Muara Enim, yang meliputi Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).
Dalam sambutannya, Plt. Bupati Muara Enim menyampaikan bahwa “pengawasan terhadap orang asing tidak hanya menjadi tanggung jawab petugas imigrasi semata, melainkan perlu sinergi lintas sektoral, termasuk masyarakat. Hal tersebut sudah diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 06 tahun 2011. Apalagi jumlah petugas pengawasan imigrasi sangat terbatas sehingga sulit untuk mengawasi wilayah yang luas, sedangkan saat ini akses transportasi dan keluar masuk orang asing ke daerah kita sudah sangat mudah. Oleh sebab itu menurutnya, pengawasan keberadaan orang asing ini menjadi tanggungjawab kita bersama,” Terangnya
H.Juarsah juga menegaskan kepada masyarakat agar lebih peduli dengan keberadaan orang asing. “Jika kita melihat ada orang asing yang dirasa mencurigakan agar melapor kepada kantor imigrasi terdekat ataupun aparat desa/kelurahan dan kecamatan untuk dapat ditindaklanjuti,” Tegas Plt Bupati Muaraenim.