Beranda MuaraEnim Pemkab Sukses Gelar Muara Enim Fisheries

Pemkab Sukses Gelar Muara Enim Fisheries

93
0

Laporan Rudiansyah

Muaraenim News, MUARA ENIM – Komitmen Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk menjadikan Kabupaten dengan semboyan Serasan Sekundang yang Agamis, Sejahtera, Mandiri dan Berdaya Saing disegala bidang terus ditunjukkan dengan serangkaian 25 acara bergengsi selama tahun 2019 melalui Colorfull Muara Enim Festival 2019.

Setelah sukses menyelenggarakan Festival Durian pada Januari lalu, bertempat dikawasan objek wisata air terjun curug bedegung Kecamatan Tanjung Agung, kali ini rangkaian acara colorfull festival 2019 ke-2 berupa Festival Serunya Muara Enim Fisheries (SMF) 2019 yang dipusatkan dikawasan Kolam Retensi Taman Adipura Muara Enim, Minggu (24/02/2019).

Berbagai perlombaan digelar pada festival Serunya Muara Enim Fisheries seperti lomba memasak kreatif serba ikan yang digagas oleh Ketua Tim Penggerak PKK Muara Enim, Hj Sumarni Ahmad Yani. Lalu, ada kontes ikan cupang, posko kesehatan gratis, serta pameran dan bazaar produk unggulan pertanian dan perkebunan.

Pada kesempatan itu, Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani membuka langsung SMF 2019 didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj Sumarni, Kapolres AKBP Afner Juwono beserta Isteri. Serta dihadiri Kepala Pengadilan Agama, Asisten Satu Teguh Jaya, Asisten Tiga Ir Abdul Najib, para FKPD, pimpinan BUMN, BUMD, para stekholder dan tamu undangan lainnya.

Koordinator acara Teguh Sumitro dalam laporannya mengatakan, pihaknya sudah siap menggelar acara yang dimulai dari persiapan sarana prasaran, penebaran ikan yang akan dipancing serta hadiah bagi para pemenang.

“Acara festival Serunya Muara Enim Fisheries ini, selain mengadakan lomba mancing juga di gelar lomba masak serba ikan, lomba cupang hias dan pameran dan bazaar produk unggulan pertanian dan perkebunan,” tutur Teguh.

Khusus untuk lomba mancing, panitia sudah menebar ikan sebanyak 1,5 ton yang terdiri dari ikan mas, nila, patin dan ikan lele. Namun, yang dilombakan hanya ikan mas dan nila. Sementara untuk ikan lele dan ikan patin dengan yang terberat 7 kilo jika dapat bisa dibawa pulang.

“Untuk pesertanya berdasarkan data yang masuk cukup banyak hingga mencapai 450 peserta dan bisa meningkat menjadi 500 peserta dari berbagai daerah seperti Muara Enim, Lahat, Prabumulih, Musi Banyu Asin, Palembang, Lampung bahkan ada yang dari Jakarta,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani dalam sambutannya mengatakan bahwa acara Serunya Muara Enim Fisheries merupakan rangkaian acara Festival Colorfull 2019 yang telah di Lounching bulan lalu dikawasan Air Terjun Bedegung.

“Acara Serunya Muara Enim Fisheries ini sengaja digelar dengan tujuan agar masyarakat gemar memakan ikan karena ikan salah satu makanan yang kaya protein dan bagus untuk dikonsumsi,” ucap Yani.

Pada sisi lain, kata Yani, digelarnya acara ini bertujuan untuk meningkatkan dan menggairahkan sektor perikanan untuk lebih tinggi menghasilkan dan memproduksi ikan.

“Selain itu, melalui even ini dapat meningkatkan produk unggulan terutama pada kelas ekonomi Unit Kecil Menengah (UKM). Serta berdampak pada sektor pariwisata yang sedang di galakkan pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk mengundang para wisatawan baik lokal maupun manca negara,” harap Yani.

Salah seorang peserta lomba mancing,, Hafizul saat di mintai tanggapannya, menyambut baik acara yang digelar Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Karena ajang ini bisa menyalurkan kehobian sekaligus menjalin silaturrahmi antar keluarga, kolega dan teman khususnya yang hobi mancing.

Hafiz berharap, kiranya festival lomba mancing ini bisa dilaksanakan setiap tahun, karena ini salah satu cara untuk meningkatkan dan memperkenalkan pariwisata kolam penampungan atau retensi yang di kelola dengan baik dengan berlatar belakang air mancur menari. Dan diharapkan nantinya akan berdampak pada pendapatan daerah.

“Kemudian terkait dengan even ini, kedepannya bisa di tingkatkan terutama hadiah-hadiah dan doorprize terlebih hadiah utamanya bisa ditingkatkan dari motor ke kendaraan roda empat,” harapnya.