Beranda Nasional Pemerintah Arab Saudi Kembali Buka Kesempatan Umrah Untuk Jama’ah Indonesia

Pemerintah Arab Saudi Kembali Buka Kesempatan Umrah Untuk Jama’ah Indonesia

194
0

Laporan Ilham

Muaraenimnews.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Pemerintah Arab Saudi kembali membuka pelaksanaan ibadah umrah untuk jema’ah asal Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Pemerintah Arab Saudi melalui nota diplomatik Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi di Jakarta, jum’at (08/10/2021).

“Nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi menyampaikan bahwa, kedutaan sudah menerima informasi dari pihak yang berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal peraturan dimulainya kembali pelaksanaan ibadah umrah bagi jema’ah Indonesia,” kata Retno dalam konferensi pers secara virtual melalui kanal YouTube MoFA Indonesia, Sabtu (09/10/2021) kemarin.

Retno mengatakan, dalam nota diplomatik itu juga disebutkan bahwa komite khusus pemerintah Arab Saudi sedang berusaha meminimalisir hambatan yang dapat menghalangi jema’ah umrah Indonesia dalam menjalankan ibadah.

“Dalam nota diplomatik Arab Saudi, juga telah disebutkan pembahasan mengenai pertukaran link teknis dengan Indonesia yang menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jema’ah asal Indonesia,” ujarnya.

Retno juga mengatakan, jika ada calon jema’ah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang di persyaratkan pemerintah Arab Saudi, maka calon jemaah tersebut akan di karantina selama 5 hari.

Lebih lanjut, Retno mengatakan, kabar baik ini akan segera ditindaklanjuti bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Agama Republik Indonesia guna membahas mengenai teknis pelaksanaan umrah lebih detail.

“Saya sendiri telah melakukan koordinasi dan komunikasi, baik dengan Menteri Kesehatan maupaun Menteri Agama,” pungkasnya.