Beranda Lawang Kidul Pembangunan Museum Batubara PTBA Dimulai

Pembangunan Museum Batubara PTBA Dimulai

179
0

Laporan Hafizul Ahkam

Muaraenim News, LAWANGKIDUL – Grounbreaking pembangunan museum Batubara pasilitas umum sentral lama PT Bukit Asam, di Kecamatan Lawangkidul Kabupaten Muaraenim hari ini, Sabtu (2/3/2019) dimulai, setelah peletakan batu pertama dilaksanakan.

Adapun yang bakal dibangun itu diantaranya gedung museum Batubara dan diorama, gedung kesenuan dan pameran, pemasangan turap  atau sheet pile, jembatan gantung, gedung souvenir, gedung serbaguna, Coal Park, Tamanmini Sumsel, Area Pasar Kuliner, Kolam wusata perahu dan air mancur menari.

Luas lahan untuk pembangunan tersebut di lahan 3,5 Hektar, sementara pengerjaannya 420 hari pengerjaan, dari peletakan batupertama hari ini sampai Sampai 7 Mei 2020, dan masa pemeliharaan selama enam bulan. Adapun pengerjaan pembangunan tersebut dilaksanakan oleh PT PP Urban.

Direktur Utama PT Bukit Asam, Arvian Arifin mengatakan, Keberadaan musemum ini nantinya merupkan sejarah Penambangan dan segala macam mekanismenya, dari tradisional, moderen hingga ultra modern.

“Kedepan harapan kita, semua orang dapat mengetahui perjalanan panjang PT Bukit Asam, dari awal  hingga ultra moderen,” Kata Arvian.

Selain itu pihaknya, kedepan akan membuat bandara, untuk memudah transportasi, karena Bandara merupakan pendukung utama untuk kemajuan pariwisata dan Kabupaten ini.

“Bandara ini kedepan akan menjadi pintu utama, masuk ke Tanjungenim khususnya dan Muaraenim pada unumnya, kedepan kuta berharap Muaraenim akan menjadi Banyuwangi kedua,” Ujarnya.

Sementara Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani MM dalam sambutannya mengatakan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi apa yang dilakukan PTBA saat ini, salah satunya grounbreaking.

“Kami sampaikan apresiasi dan terimakasih kepada PTBA, yang telah melakukan hal+hak luar biasa, kita juga sangat mendukung upaya pembuatan Lapangan terbang, dan kami mengetahui sudah banyak sekali bantuan yang diberikan keoada muaraenim, termasuk tempat ibadah, kolam renang, pertanian dan CSR yang sudah dilaporkan kepada kami,” Papar yani.

Bupati juga memuji, PTBA selalu melakukan kegiatan yang selalu berpihak untuk masyarakat, yang slangsug dirasakan rakyat Kabupaten Muaraenim.