BerandaGelumbangMusrenbangdes Sukajaya, dan Empat Agenda Desa Yang Rampung Dilaksanakan Di Akhir Desember...

Musrenbangdes Sukajaya, dan Empat Agenda Desa Yang Rampung Dilaksanakan Di Akhir Desember 2020

133
0

Laporan Ali Saiin

Muaraenim News, GELUMBANG – Empat Agenda Desa Sukajaya Kec Gelumbang Rampung di laksanakan di akhir Desember 2020.

Agenda-agenda yang sukses digelar oleh desa Sukajaya tersebut dimulai dari Pembagian BLT DD Tahap akhir periode (Oktober-Desember) yang digelar pada (19 -12-2020), dan dilanjutkan pada hari Rabu, 23 Desember 2020 di Aula Kantor Desa Sukajaya.

Dan ditambah tiga agenda lainnya , BPD dan Pemdes Sukajaya melaksanakan 3 agenda Desa untuk kegiatan tahun 2021-2022 , Musrenbangdes perencanaan pembangunan tahun 2022 yg akan di usulkan ke Dinas Instansi yg membidangi, Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa Sukajaya (RKPDes) utahun 2021. Serta Penetapan Rancangan APBDes tahun 2021.

Sementara pada acara Musdes yang digelar pada hari ini dihadiri oleh ketua dan anggota BPD, Pjs, Kepala Desa dan Perangkat Desa, RT, TP.PKK, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Karang Taruna, dan perwakilan masyarakat Marginal.

Turut hadir Plt, Camat Gelumbang, Syarkowi, S.Sos, Aipda Agus Wijaya,(perwakilan Polsek Gelumbang), Serda. Alek Bangkulah (Babinsa).

Musyawarah dipimpin oleh Ketua BPD sekaligus sebagai Moderator, dengan Narasumber :
– Pjs, Kds Sukajaya (Marzuki, S.Sos)
– Syarkowi, S.Sos (Plt,Camat Gelumbang)
– Habi (PLD program DD Desa Sukajaya).

Sebelum Rapat dibuka secara Resmi oleh ketua BPD, Pjs, Kades terlebih dahulu menyampaikan hasil pelaksanaan program Dana Desa tahun 2020, yang sudah terealisasi ataupun yg belum terdanai di tahun 2020 yang sudah terealisasi sesuai APBDes tahun 2020 diatranya :
1. Pembangunan Los Pasar Desa, 2 (dua) unit @4×12 meter.
2. Pembangunan Jalan cor beton sepanjang +- 122.meter
3. BLT-DD sampai dengan bulan Desember 2020.

Kemudian Rapat dibuka secara resmi oleh ketua BPD, dengan mendengarkan usul, saran dan pendapat dari peserta Musdes, diantaranya, usul Pemagaran Los Pasar Desa, Pembangunan Gedung Aset BUMDes, Parit jalan lingkungan, dan usaha ekonomi produktif lainnya,

Sedangkan untuk usul Pelebaran jalan masuk Desa, Bedah Rumah, Lampu jalan, pagar SDN 22 Gelumbang, Pagar Pemakaman, dan Rehab tempat pemandian umum, akan di usulkan melalui Musrenbangdes tingkat Kecamatan dengan dilampiri proposal.

Pada kesempatan yang sama camat Gelumbang, menyampaikan permintaan maaf H.Juarsah, SH selaku Bupati Muara Enim, tentang rencana Bunga Desa dan Safari Jum’at yg sempat tertunda di Desa Sukajaya, Insyaallah akan dijadwalkan ulang di tahun 2021 nanti.

Plt, camat Gelumbang, juga mengapresiasi atas capaian Pjs, Kepala Desa Sukajaya, “Kimi atas nama pemerintah kecamatan Gelumbang juga mengapresiasi Pjs Kepala Desa Sukajaya yang mana sudah mewakili kecamatan Gelumbang sebagai juara 1 lomba Desa Tangkal Covid-19, dan Fasilitas Kantor Desa yg sudah cukup baik,”tutup camat Gelumbang.

Pada sesi acara terakhir dilanjutkan dengan acara perkenalan KKN UNSRI Angkatan 93 dengan Pemdes, BPD dan Masyarakat Desa Sukajaya.