BerandaMuaraEnimMuara Enim Siap Terima Distribusi Vaksin Covid – 19

Muara Enim Siap Terima Distribusi Vaksin Covid – 19

71
0

Laporan M. Zulfadli

Muaraenim News, MUARAENIM – Dalam rangka mempersiapkan vaksinasi Covid-19, kabupaten Muara Enim, melalui dinas kesehatan telah menyiapkan semua kebutuhan untuk malaksanakan agenda tersebut mulai dari data yang diperoleh dari Sumber Daya Kesehatan (SDK) hingga fasilitas pelayanan kesehatan untuk melakukan vaksinasi di kabupaten Muara Enim.

Plt. Sekretaris Dinkes Kabupaten Muara Enim, Supri Ahmadi, Senin (04/01/2020) kepada awak media mengatakan, bahwa pihaknya telah mempersiapkan berbagai fasilitas penunjang untuk 22 Puskesmas, 5 Rumah Sakit dan 1 Rumkit.

“Untuk pengelolaan vaksin, di kabupaten kita sudah memiliki Cool Room khusus untuk menyimpan vaksin, setiap Puskesmas, beserta Rumah sakit yang akan melakukan vaksinasi telah dilengkapi dengan Refrigerator, khusus untuk penyimpanan vaksin” ungkapnya.

Lanjut supri, setelah vaksin tersebut ditampung di Cool Room yang diletakan di gedung Instalasi Farmasi Kabupaten MUara Enim, maka akan segera didistribusikan ke tiap-tiap Puskesmas dan Rumah sakit dengan menggunakan kendaraan khusus yang dilengkapi box pengatur suhu.

“Nantinya, mereka yang pertama kali akan mendapatkan Vaksin adalah para tenaga kesehatan, namun sebelum itu Dinkes Muara Enim akan menggelar pelatihan untuk para Vaksinator, yang diagendakan bulan Januari ini” paparnya.

Supri menambahkan, bahwa nanti akan ditunjuk, 5 orang dari setiap Puskesmas dan Rumah Sakit untuk mengikuti pelatihan sebagai Vaksinator. untuk saat ini baru ada 3145, sekitar 92% tenaga kesehatan yang terdata untuk menerima vaksinasi dan ini baru data sementara dan belum divalidasi, nanti pusat yang akan menentukan.

“Pemberian vaksin ini, penyelenggaraannya bertahap dalam artian ini bukan vaksin masal yang harus selesai dalam batas waktu. intinya dalam hal ini, kita sudah menyiapkan segala hal yang menunjang kegiatan tersebut agar berjalan sesuai dengan arahan dan ketentuan, oleh itu, kabupaten Muara Enim siap menerima distribusi vaksin Covid-19” pungkasnya.