BerandaGelumbangMeski Sederhana IRMAS Karang Taruna Pinang Banjar Antusias Sambut Tahun Baru Hijriyah

Meski Sederhana IRMAS Karang Taruna Pinang Banjar Antusias Sambut Tahun Baru Hijriyah

330
0

Laporan Teza Dewantara

Muaraenim News, GELUMBANG – Dalam menyambut Tahun Baru Hijriyah, banyak kegiatan keagamaan yang dilakukan masyarakat, baik secara individu, maupun organisasi/kelembagaan, terutama Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) di berbagai tempat dan daerah.

Dalam hal ini, tidak ketinggalan IRMAS Karang Taruna desa Pinang Banjar kecamatan Gelumbang.
Berbekal semangat dan motivasi, arahan para pembimbing, serta dukungan masyarakat desa, anak-anak muda/remaja yang tergabung dalam IRMAS (yang merupakan bagian dari Karang Taruna) ini, mengadakan beberapa acara & perlombaan yg bernuansa Islami dalam menyambut Tahun Baru Islam 1442 H kali ini.

Beberapa hari sebelum tanggal 1 Muharram, diadakan beberapa perlombaan seperti Lomba Adzan, Lomba Tilawah Al-Qur’an (Mutsaabaqoh Tilaawatil Qur’an/MTQ), Menghafal Ayat-ayat Pendek, Lomba Ma’aasyirol, Lomba Pidato/Ceramah Singkat (Kultum), masing-masing untuk tingkat SD/MI, dan tingkat SMP/MTs.

Ditambah Lomba Busana Muslim-Muslimah dan Lomba Mewarnai Kaligrafi (tulisan Arab) untuk tingkat PAUD/TK.
Rangkaian acara selama beberapa hari tersebut berlangsung lancar, dan ditutup dgn perayaan menyambut Tahun Baru Hijriyah sekaligus pembagian hadiah bagi para peserta lomba, tepat pada malam menjelang 1 Muharram 1442 H, Rabu malam, 19 Agustus 2020, kemarin.

Meski sederhana, acara malam perayaan tahun baru sekaligus pembagian hadiah ini, berlangsung semarak.
Acara yang dilangsungkan ba’da Isya di Masjid Daarul-Muttaqien desa Pinang Banjar ini, dihadiri oleh para guru/ustadz/ustadzah dari masing-masing TPA yang ada di desa, yang mana anak didik mereka lah yang menjadi peserta lomba. Masyarakat setempat yang tentunya didominasi para orangtua yang anak-anaknya mengikuti perlombaan, juga ikut hadir. Tidak ketinggalan tentunya unsur pemerintahan desa.

Turut hadir dalam acara ini, para tamu undangan yang diundang panitia dari IRMAS Karang Taruna.
Tampak hadir tamu undangan perwakilan dr Kepolisian Sektor Gelumbang, Aipda Afriyan Diensa (Kanit INTELKAM), dan Ipda Indra Sakti Harahap (Kanit BINMAS).

“Demi memeriahkan acara ini, sekaligus memberikan semangat untuk adik-adik peserta, kami selaku panitia juga mengundang beberapa tokoh masyarakat dan pejabat yang berdomisili di Kecamatan Gelumbang. Tentunya Pak Camat Syarkowi S.Sos, Camat Gelumbang Kami juga mendapatkan arahan dan nasehat dari Pak Izroni (Izroni Ilyas S.Pd, M.M, anggota DPRD M.Enim F-Perindo, Tambangan Kelekar, red) Ibu Ponira (Ponira S.H, M.Kn Anggota DPRD M.Enim F-Gerindra, Sebau, red) dan Pak Jimmy (Aiptu Jimmy Chandra S.H, BA SIPROPAM Polres Prabumulih, Tambangan Kelekar, red) tentang kegiatan kami ini. Mereka sangat mengapresiasi dan bersedia untuk hadir, namun mengkonfirmasi ulang beberapa jam sebelum acara dimulai, karena masih berada di luarkota terkait tugas dinas.” jelas Khoirur Rozikin ketua IRMAS kepada awak media jumat (21/08/2020).

“Kami sangat memaklumi ketidakhadiran beberapa tamu undangan ini, karena kapasitas mereka sebagai pejabat publik tentunya, sedangkan acara hari ini tidak beriringan dengan hari libur pada umumnya, seperti Sabtu-Minggu. Namun ini tentu tidak mengurangi semangat kami, karena mereka sudah mengkonfirmasi, dan sebelumnya juga sudah menyampaikan langsung kepada kami, sangat mendukung kegiatan ini, memberikan arahan, nasehat, dan malah ikut mensupport kami dalam pendanaan acara ini. Kami cukup berterimakasih kepada dua orang bapak dari dinas kepolisian Gelumbang yang menyempatkan hadir memenuhi undangan kami malam ini.” sambung Ahmad Supardi, salahsatu tim pembina IRMAS Karang Taruna.

Dalam sambutannya saat acara, Ipda I.S.Harahap selaku Kanit BINMAS Polsek Gelumbang, menyampaikan apresiasi yang luarbiasa kepada seluruh panitia, pengurus & anggota IRMAS dan Karang Taruna desa Pinang Banjar atas kegiatan ini, sembari tidak lupa mengingatkan para panitia acara dan menghimbau semua masyarakat yang hadir, agar tetap waspada dengan terus mengikuti anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan.

Setelah ikut menyerahkan hadiah kepada anak-anak pemenang lomba secara bergiliran, Kanit INTELKAM Aipda Afriyan Diensa & Kanit BINMAS Ipda I.S.Harahap juga menerima cinderamata dari panitia, masing2 berupa tulisan kaligrafi dari hasil karya anak-anak yang menjadi juara lomba mewarnai kaligrafi, yang telah dibingkai sebagai lukisan, dan juga sebuah mushaf Al-Qur’an.

Selesai acara resmi, kedua tamu undangan perwakilan dr Polsek Gelumbang ini menyempatkan diri untuk berfoto bersama panitia dan Karang Taruna desa Pinang Banjar, lalu sambil menikmati suguhan alakadar dari panitia, berbincang-bincang santai dengan beberapa masyarakat yang juga hadir di acara tersebut.