Beranda Muara Enim Mengintip Giat SMAN 1 Tanjungagung Laksanakan Program KWU

Mengintip Giat SMAN 1 Tanjungagung Laksanakan Program KWU

5
0

 

Laporan Yongki Tanjungagung

Muaraenim News, TANJUNGAGUNG – SMA Negeri 1 Tanjung Agung adalah salah satu sekolah yang melaksanakan Program Kewirausahaan (KWU) di tahun 2017. Program ini dibawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

KWU di SMA merupakan program untuk mengenal konsep kewirausahaan, latihan mengembangkan usaha, mendapatkan pengalaman praktis berwirausaha, menumbuhkan minat berwirausaha dan mengembangkan potensi berwirausaha.

Dengan harapan bahwa program kewirausahaan di SMA terutam di SMA Negeri 1 Tanjung Agung dapat menjadi alternatif dalam mempersiapkan lulusan yang mampu menerapkan dan mengelola peluang usaha serta mampu menyesuaikan diri agar berhasil dalam kehidupan bermasyarakat serta memiliki kemampuan untuk menghadapi persaingan global.

 

Sebagai realisasi program ini berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan, dimulai dengan memperkenalkan program ini kepada warga sekolah dan lingkungan sekitar, selanjutnya untuk menambah ketertarikan peserta didik didatangkanlah orang-orang yang merupakan pelaku wirausaha sebagai motivator untuk membagi pengalaman dan ilmu mereka kepada peserta didik.

Setelah minat wirausaha peserta didik muncul maka dimulailah kegiatan In House Training (IHT) dengan memberikan bekal berupa keterampilan kepada peserta didik untuk memulai usaha dalam lingkup tempat pelaksanaan di dalam lingkungan sekolah.


Sebagai puncak dari kegiatan wirausaha peserta didik adalah diadakannya bazaar pada tanggal 09 November 2017 lalu, kegiatan dibuka dengan penampilan dari ekstrakurikuler marching band, tari dan rohis dan dihadiri oleh para tamu undangan dari instansi setempat serta orang tua dari peserta didik.
Pada kesempatan ini peserta didik didampingi oleh guru pendamping menyajikan hasil karya mereka berupa berbagai jenis makanan hasil olahan serta hasil keterampilan berupa tas dan bunga yang berasal dari manik-manik.

Kepala SMAN 1 Tanjungagung Drs Darmansah MSi kepada wartawan, Selasa, (23/1/2018) megatakan, bahwa program ini sangat bermanfaat terutama dalam mengembangkan nilai-nilai kewirausahaan diantaranya nilai jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, inovatif, dan mandiri.

“Sekolah kita ini telah berdiri sejak tahun 1991 dan telah terakreditasi dengan nilai A pada tahun 2017 ini akan melanjutkan kegiatan Kewirausahaan pada masa yang akan datang dengan harapan dapat melaksanakan jenis kegiatan selain pengolahan dan keterampilan/kerajinan yaitu berupa kegiatan budidaya. Semoga kedepannya SMA Negeri 1 Tanjung Agung meraih kesuksesan dalam setiap pelaksanaan programnya,” Papar Darmansyah.

Salam dari sma kewirausahaan,
” MAJU BERSAMA HEBAT SEMUA ”

Editor : Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here