BerandaSemendeMengenal Istilah Anak Kandang Yang Masih Tetap Eksis Di Era New Normal

Mengenal Istilah Anak Kandang Yang Masih Tetap Eksis Di Era New Normal

193
0

Laporan Darman

Muaraenim News, SEMENDE – Dalam hal Gotong-royong Suku Semende memiliki kebiasaan atau adat istiadat yang unik, dan masih dipertahankan hingga sekarang.

Salah satunya istilah Anak kandang, anak kandang atau sebutan istilah untuk sekelompok pria yang bertugas di bangsal (Dapur tuan rumah pada saat pesta) ini bukan sembarangan, hanya orang-orang tertentu yang bisa berada di sini, salah satu syaratnya ialah menikah dengan perempuan dari suku Semende.

Seperti halnya ibu-ibu didapur anak kandang melakukan kegiatan memasak di bangsal hingga menjadi penyaji makanan di tempat pesta dengan cara prasmanan.

Meskipun ditengah pandemi Adat istiadat Semende ini masih dilakukan,
bergotong royong dengan istilah anak kandang masih tetap dilaksanakan guna membantu kegiatan hajatan atau sukuran, sedekah, pernikahan dan lain-lain yang menjadi kebiasaan masyarakat Suku Semende.

Saldin salah satu ketua anak Kandang yang sempat awak media wawancarai mengatakan “didalam melakukan pekerjaan ini kita selaku anak kandang harus kompak, dan ikhlas didalam menegakkan adat Jurai adat Semende ini, Sebagai anak kandang tentunya tugas kami adalah melayani” Ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan meski ditengah pandemi ini dirinya bersama rekan-rekannya masih harus tetap melaksanakannya dengan kebiasaan yang baru agar sukses nya acara.

“Ini semua sudah menjadi tugas kita, untuk membantu mensukseskan kegiatan tuan rumah pesta, tentu saja ditengah pandemi ini kita harus mengikuti protokol kesehatan harus memakai masker dan juga harus menjaga jarak,”Pungkasnya.