Beranda Semende Masyarakat Tunggu Penjelasan BKSDA Terkait Harimau Yang Tertangkap

Masyarakat Tunggu Penjelasan BKSDA Terkait Harimau Yang Tertangkap

191
0

Laporan Ipin

Muaraenim News, SEMENDE – Meski sudah beberapa minggu lalu pasca tertangkapnya Harimau Sumatera di desa Pelakat Kecamatan SDU Kabupaten Muaraenim, masyarakat masih ragu akan identitas Harimau yang tertangkap itu sebab hingga kini belum ada penjelasan mengenai hasil identifikasi terkait informasi tentang harimau tersebut.

Masyarakat saat ini tengah menunggu kepastian apakah Harimau tersebut benar-benar Harimau yang telah menewaskan 6 orang atau bukan.

Herman (45) saat diwawancarai awak media Jum’at, (07/02/2020) mengungkapkan bahwa informasi mengenai Harimau itu harus jelas dan perlu diketahui oleh masyarakat.

Masyarakat masih menunggu informasi dari BKSDA tentang Harimau tersebut.
dan ragu mengenai Harimau yang tertangkap beberapa waktu lalu.

“Sebagai masyarakat kami perlu informasi tentang Harimau yang tertangkap itu, mengenai jenis harimau yang tertangkap apa ka harimau Sumatra atau harimau benggala ? Kami akan tunggu informasi selanjutnya dari pihak BKSDA ,” Ungkapnya

Dia juga menambahkan sebagian masyarakat masih butuh penyuluhan agar bisa kembali percaya diri sebab mereka masih dibayang-bayangi rasa khawatir dalam beraktifitas.

“Selaku masyarakat yang berprofesi sebagai petani tentunya kami masih khawatir dari apa yang pernah terjadi sebelumnya, dan masyarakat harus dikembalikan lagi kepercayaan dirinya,” Tambahnya.

Sementara itu ditempat yang sama Mamat (53) menyatakan masyarakat harus di berikan penyuluhan terkait undang undang setwa, menurutnya pemerintah jangan sekedar menakuti masyarakat dengan undang undang.

“Jujur kami masih merasa khawatir dari kejadian kemarin, kepada pemerintah agar kiranya bisa bisa berikan penyuluhan tentang undang2 satwa, yang mana yang harus benar-benar dilindungi dan yang tidak, sebab kami dihutan dengan binatang buas sudah takut dan dengan undang-undang juga dibuat takut”

Dia juga meyakini jika pemerintah benar-benar memberikan penyuluhan tentang undang -undang satwa dilindungi masyarakatpun akan ikut menjaganya.

“saya yakin dengan undang undang tersebut saya yakin apa bila masyarakat memahami undang undang tersebut masyarakat akan ikut menjaga dan melestarikan nya, ” Tandasnya.

Masyarakat juga mendukung apabila KPH dan polhut mengambil tindakan tegas terhadap pembalakan liar terhadap hutan termasuk yang di lakukan oleh perusaahan perusaahan apa bila menyalai aturan.

Hal ini disampaikan demi kelangsungan dan keseimbangan ekosistem dan di kemudian hari tidak ada lagi kejadian serupa termasuk kejadian kejadian bencana alam lainnya.