Beranda Lawang Kidul Magnet Baru Wisata di Sumsel Telah Siap

Magnet Baru Wisata di Sumsel Telah Siap

239
0
Laporan : Rudi yansyah.
MuaraenimNews, LAWANG KIDUL  -Kabupaten Muara Enim membuktikan telah siap menjadi magnet baru pariwisata Provinsi Sumatera Selatan. Kesiapan itu ditunjukkan dalam perhelatan akbar Festival Melemang yang dihadiri Gubernur Sumsel, Herman Deru, jajaran pejabat pemerintahan Provinsi Sumsel, serta para bupati dan wali kota se-Sumsel di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bukit Asam Tanjung Enim, Sabtu (23/03/2019).
Pagi hari sebelum pembukaan Festival Melemang diadakan juga jalan santai yang dikuti sekitar 2000 perserta, yang star dilapangan FASOS Tanjung enim dan Finish di Gedung Olaraga Bukit Asam (GOR BA), dengan berbagai macam hadiah yang disiapakan panitia.
Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, upaya Pemkab Muara Enim dalam mengangkat budaya setempat patut diapresiasi. Tanpa keseriusan dari berbagai pihak, budaya melemang sebagai salah satu contoh tradisi di Muara Enim, tidak akan bisa dikenal dan terkenal hingga ke seluruh dunia.
“Dengan berbagai ajang atraksi wisata melalui Colorful Festival Muara Enim 2019 ini diharapkan bisa seperti yang digalakkan oleh Pemkab Banyuwangi, bahkan kalau bisa diupayakan lebih baik, sehingga bisa menarik sebanyak-banyaknya wisatawan datang ke Muara Enim dan Sumsel,” ujar Herman Deru dalam sambutannya.
Menurut Herman Deru, Muara Enim memiliki potensi besar untuk menjadi kota tujuan wisata terbesar di Sumsel, karena selain didukung potensi sumber alamnya juga kebersamaan dan partisipasi antara pemerintah, masyarakat dan perusahaan-perusahaan yang ada di Muara Enim.
“Indeks kebahagiaan di Sumsel berada di level 72. Muara Enim memiliki kontribusi besar pencapaian indeks kebahagiaan Sumsel tersebut dan perusahaan besar di Muara Enim seperti Bukit Asam memiliki peranan besar dalam menyumbang kebahagiaan masyarakat. Masyarakat sudah mengakui Bukit Asam memiliki kepedulian yang baik dan besar terhadap lingkungan sekitarnya, apalagi Bukit Asam sedang membangun destinasi wisata di Tanjung Enim seperti museum tambang, miniatur rumah ibadah, objek wisata untuk anak-anak. Hal tersebut tentu membahagiakan masyarakat,” papar Herman Deru.
Sementara Bupati Muara Enim, Ahmad Yani mengatakan, Festival Melemang sebagai salah satu dari 25 agenda wisata Colorful Muara Enim Festival 2019 diadakan selama dua hari dirangkai dengan Festival Ngopi Bareng dan dipadukan dengan rangkaian kegiatan HUT ke-38 PT Bukit Asam Tbk. “Acara ini didukung penuh oleh Bukit Asam, besok di tempat yang sama kita ngopi bareng diiring kicau burung, karena kebetulan besok akan ada lomba kicau burung dalam rangka HUT ke-38 PTBA,” kata Ahmad Yani.
Dalam acara ini juga diresmikan motif batik khas Muara Enim yang dinamakan Batik Serasan serta menggelar berbagai pameran produk hasil UKM dari berbagai kecamatan di Muara Enim. Selain dihadiri ribuan masyarakat Muara Enim, sekitar belasan mahasiswa pertukaran pelajar dari manca negara pun tampak terlihat menikmati acara Festival Melemang.