Beranda Semende Luar Biasa Classmetting Sekolah ini Kedepankan Budaya Lokal

Luar Biasa Classmetting Sekolah ini Kedepankan Budaya Lokal

228
0

Salah satu peserta lomba kreasi tari lokal yang mengangkat adat dan budaya setempat, di halaman Madrasah Aliyah Raudhatun Nasihin Aremanatai, Rabu (11/12/2019). (Foto/MN/Mukaddam)

Laporan Mukaddam

Muaraenim News,  SEMENDE – Luar biasa siswa-siswi Madrasah Aliyah Raudhtun Nasihin (MARN) Aremantai, Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU), Kabupaten  Muaraenim, saat pelaksanaan Classmetting menggelar lomba bertemakan budaya lokal.  Hal ini diketahui saat pelaksanaan lomba kreasi tari lokal yang mengangkat adat dan budaya setempat, di halaman sekolah ini, Rabu (11/12/2019).

Pantauan wartawan di lapangan,  beragam tari kreasi adat istiadat buadaya semende yang di tampilkan dari masing-masing kelas, dan di nilai sedemikian rupa oleh guru seninya. 

Dalam classmetting ini juga dilaksanakan beragam perlomabaan olah raga lainnya, seperti Voli Ball, Sepak Takrau, Tenis Mejah, Basket Ball dan ragam lomba lainnya. 

Ashrin Muftadi SAg Kepala MARN Aremantai mengatakan, ada yang unik dalam lomba tahun ini pihaknya tidak hanya menggelar kegiatan olahraga saja, namun untuk meningkatkan kebudayaan dan keariban lokat milik Indonesia, serta meningkatkan kreativitas  bakat dan minat peserta didik, pihaknya memberikan wadah Kepada Siswa-siswi yang mempunyai bakat dalam hal Tarian.

“Sebagai tenaga pendidik tidak hanya memberikan materi dalam hal  mengajar di bidang studi, akan tetapi kita juga harus mengajarkan budaya akan kelestarian  milik indonesi, karena di era moderinisasi saat ini kelestarian budaya milik Indonesi mulai pudar,” Papar Ashrin. 

Salah seorang siswa mengatakan, dirinya bersama siswa siswi MARN lainnya merasa senang dan banga menjadi peserta kompetesi ini, karena dengan giat ini mereka dapat berkreasi. 

“Tidak hanya hadiah kami rebutkan sebagai generasi penerus bangsa yang baik, kami juga  tau dan bayak belajar bahwasanya keariban budaya Indonesia itu sangat Indah, dan ini perlu kita lestarikan dan kreasikan,  apalagi guru-guru kami terus berusaha memotivasi kami dalam meraih prestasi di berbagai bidang,” pungkasnya.