Beranda MuaraEnim KTNA Muara Enim Fokus Perbaiki Kesejahteraan Petani dan Nelayan

KTNA Muara Enim Fokus Perbaiki Kesejahteraan Petani dan Nelayan

33
0
Laporan Dank
Muaraenim News, MUARAENIM— Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Muara Enim melakukan ingin melakukan gebrakan baru terhadap perbaikan serta peningkatan derajat kesejahteraan petani dan nelayan yang ada di kabupaten Muara Enim.
Ketua KTNA Muara Enim Sunarwan menerangkan yang jadi permasalahan dimasyarakat saat ini adalah kesejahteraan, terutama bagi para petani dan nelayan. Maka dari pada itu dia berharap kepada pemerintah daerah agar mampu membantu petani dan nelayan didalam meningkatkan kesejahteraannya dengan car memberikan bantuaan berupa bibit, alat pertanian, pakan, hingga subsidi pupuk bagi masyarakat petani dan nelayan yang ada di kabupaten Muara Enim khususnya.
“Petani dan nelayan itu sebenarnya tidak perlu yang namanya program pemerintah berobat gratis ataupun sekolah gratis, namun yang diperlukan oleh kita adalah bagaimana dapat meningkatkan hasil produksi dan mampu meningkatkan derajat kesejahteraan kita sehingga semua itu mampu dibiayai sendiri tanpa ada embel-embel gratis namun kualitasnya tidak baik. Jadi kita harapkan adalah bantuaan berupa bibit, alat pertanian, pakan, hingga subsidi pupuk,” terang Sunarwan kepada media ini, Rabu (5/12/2018) di Balai Agung Serasan Sekundang, (BASS), usai acara pelantikan.
Lanjut Sunarwan yang dibutuhkan didalam peningkatan kesejahteraan petani dan nelayan saat ini pentingnya pembentukan Korporasi petani dan nelayan diantaranya pembentukan koperasi atupun unit-unit kelompok tani yang mampu menampung hasil pertanian dan nelayan, sehingga harga dapat dikontrol dan akan terhindar dari para tengkulak yang nakal.
“Saat ini kita perlu dukungan dari pemerintah dari segi perizinan, pembentukan koorporasi berbentuk koperasi ataupun unit-unit kelompok tani dan nelayan yang mampu membeli dan menjualkan hasil pertanian dan nelayan yang nantinya bisa menekan harga dipasaran hingga teraturnya pangsa pasar komuditi pertanian dan perikanan,” lanjutnya.
Sementara itu Ketua Dewan Penasehat KTNA Muara Enim Faizal Anwar, SE yang juga anggota DPRD Muara Enim dari Fraksi PAN mengatakan merujuk data BPS 2017, di Kabupaten Muara Enim sektor pertanian menjadi strategis, penting dan tidak bisa diabaikan karena hampir 79,02 % dari luas wilayah.

“Pertanian telah menghidupi banyak warga masyarakat kabupaten Muara Enim, bukan sekadar antara petani dan pedagang, atau tapi juga menyediakan lapangan kerja di bidang pertanian. Tentu ini menjadi salah satu perhatian utama kita di legeslatif,” ujar Faizal.

Lebih lanjut Faizal mengatakan sejak awal dirinya berkomitmen untuk memajukan serta memperjuangkan nasib petani dan nelayan agar kesejahteraannya dapat lebih meningkat.

“Komitmen saya dari awal menjadi anggota DPRD hingga sekarang adalah meningkatkan produktifitas pertanian dengan mendorong pemerintah memberikan berbagai bentuk bantuaan dan latihan terhadap para petani, peternak, dan nelayan,” pungkas politisi yang maju pada Pileg Anggota DPRD Propinsi Sumatera Selatan dari Dapil VI meliputi Muara Enim, PALI, dan kota Prabumulih dengan no urut dua dari Partai Amanat Nasional ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here