Beranda Muara Enim KT GK DEKLARASI MASYARAKAT PEDULI APIAPI

KT GK DEKLARASI MASYARAKAT PEDULI APIAPI

19
0
Foto : Kelompok tani Gamalan Kecil saat mendeklarasikan diri sebagai kelompok masyarakat peduli api. 

Muaraenim News,  OKI – Kelompok masyarakat yang menamakan diri Kelompok Tani (KT)  Gamalan Kecik (GK)  di kawasan Jalan Kayuagung -Sepucuk, Kacamatan Pedamaran Timur (Petir),  Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mendeklarasikan diri sebagai masyarakat peduli api mandiri, Rabu (30/8/2017).
Deklarasi tersebut dihadiri oleh puluhan anggota Kelompok Tani GK yang dimeriahkan dengan hiburan orgen tunggal.
Ketua Kelompok Tani,  Deddy Antory, dalam kesempatan tersebut mengungkapkan pihaknya membentuk masyarakat peduli api mandiri ini atas inisiatif masyarakat sendiri,  untuk membantu pihak  pemerintah dalam mengatasi dan mencegah terjadinya kebakaran.
“Kita sudah berkordinasi dengan pihak Polres OKI dan Pemkab OKI sesuai motto yang dicanangkan, Kami bertani tidak dengan membakar,  tapi menggunakan akal,  semangat dan cangkul, ” ujarnya, seraya menambahkan sesuai dengan imbauan Bupati OKI dalam sepanduknya,  payo sanak dolor stop kita bakar,  gunakanlah cangkul dan parang untuk bukak lahan.
Hal yang sama diungkapkan oleh Pendiri Kelompo Tani,  Sohargani,  menurutnya sebagai warga dan petani yang baik maka sudah selayaknya menjaga keamanan terhadap bahaya api di lingkungan masing masing, karna hal itu menjadi tanggung jawab semua pihak. Oleh karena itu dirinya menegaskan jika ada petani yang dengan sengaja melakukan pembakaran yang dapat berakibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan, maka dirnya akan mengambil tindakan tegas mengeluarkan dari kelompok tani.
“Intinya kita semua harus peduli dengan api,  agar sama sama menjaga jangan sampai terjadi kebakaran sehingga merugikan orang lain dan aktivitas bertani juga tidak terganggu,” tandasnya.
Dalam kesmpatan tersebut perwakilan masyarakat peduli api mandiri dan juga petani, S. Widodo menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten OKI, DPRD OKI,  Polres OKI, Kodim 0402/Kayuagung,  serta unsur pemerintahan desa setempat atas bimbingan dan koordinasinya,  sehingga selaku petani pihaknya siap mendukung dan menjadi relawan sebagai masyarakat peduli api mandiri.
Sementara tokoh masyarakat Kabupaten OKI yang juga mantan anggota DPRD OKI, Husni Tamrin, dalam kesempatan tersebut mengimbau pemerintah saat ini sedang menggalakkan pencegahan terhadap bahaya kebakaran,  jika ada warga yang dengan sukarelah ikut serta dalam kelompok masyarakat peduli api secara mandiri, maka ini patut diapresiasi karena siapapun wajib peduli api untuk kepentingan bersama, tidak harus menunggu pemerintah.

Penulis : Irawan
Editor   : Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here