Beranda Sumsel Kejari Lahat Musnahkan Barang Bukti

Kejari Lahat Musnahkan Barang Bukti

130
0

Laporan Irhamudin

Muaraenimnews.com, LAHAT –Kejaksaan Negeri Kabupaten Lahat musnahkan barang bukti, dan barang rampasan yang sudah memiliki hukum tetap (inkratch), giat tersebut berlangsung di halaman kantornya dimulai sekira pukul 09.30 WIB pada hari Rabu 15/09/21.

Dalam giat tersebut dihadiri Bupati Lahat Cik Ujang, SH, Sekda H.Irwan Ersyad, Kapolres Lahat di wakili Budi Agus, SE, Dandim 0405, Kasat Pol PP Fauzan, Dan Sub Pom Lahat, Kalapas, Ketua MUI, Kejari Lahat, serta jajaran dari pegawai Kejari Lahat, dan undangan lainnya.

Kepala kejaksaan negeri (Kajari) Lahat Fitrah, SH dalam laporannya menyampaikan bahwa barang bukti yang di musnahkan itu sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.

Pemuda asal Aceh itu juga mengatakan pemusnahan yang seharusnya sudah dilaksanakan bulan Juli, karena situasi covid-19 acara jadi tertunda, baru bulan September dilakukan.

Menurut Fitrah, barang bukti yang di musnahkan tersebut adalah BB perkara dari tahun 2020 akhir terhitung Januari 2021 sampai September 2021 yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

“Ganja 638,249 gram, Tablet MDMA 8 butir 3,191 gram, serta pecahan tablet 1,458 gram, Metamfetamina 92.602 gram, tindak pidana orang dan harta benda (9) bilah senjata tajam, baju dan celana, dan lainnya,” kata Kepala Kejaksaan negeri Lahat.

“Tindak pidana keamanan negara ketertiban umum dan TPUL yaitu (2) pucuk senjata api jenis Revolver serta (11) butir peluru aktif yang diserahkan ke Den Pal Lahat, (48) botol miras yang tidak memiliki perizinan atau badan hukum,” sambungnya.

Bupati lahat Cik Ujang SH dalam kesempatan itu ikut ambil bagian musnahkan barang bukti tersebut, dikatakannya selama Ia menjabat sudah 3 kali pemusnahan barang bukti (BB), dia juga menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari perbuatan melanggar hukum yang nantinya akan merugikan dan merusak masa depan bangsa.

Cik Ujang saat diwawancarai awak media Ia meminta kepada jajaran terkait, untuk meng-asosialisaikan kepada masyarakat di Kabupaten Lahat guna agar supaya menjaga anak-anak dari perbuatan yang melanggar hukum, menyelamatkan generasi penerus jangan sampai rusak atau kecanduan karena narkoba.

” Di Kabupaten Lahat ini memang narkotika sudah masuk sampai ke desa-desa, untuk itu saya minta kepada pihak terkait untuk meng-asosialisaikan kepada anak-anak kita, cucu-cucu kita, jangan sampai mengkonsumsi narkoba ini, karena akan merusak generasi penerus Kabupaten Lahat,” tutupnya.