Beranda Semende Kecamatan SDT Bangkitkan Kembali Budaya Gotong Royong

Kecamatan SDT Bangkitkan Kembali Budaya Gotong Royong

108
0

 

Laporan Zulkarnain SP

Muaraenim News, SEMENDE – Saat ini budaya gotongroyong nampaknya mulai pudar, untuk membangkitkan kembali semangat kerja bersama itu, Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), Kabupaten Muaraenim, mulai merintis semangat tersebut. Hal ini diketahui saat Masyarakat bersama pemerintah kecamatan dan unsur Muspika setempat bersama-sama melaksanakan gotongroyong itu di Kantor Kecamatan dan di depan Kantor tersebut, Jumat (14/6/2019).

Camat SDT Khairul B SSos dalam giat tersebut mengajak seluruh elemen masyarakat mulai dari Pemerintah Desa, Muspika untuk bersama sama, bahu membahu dalam melaksanakan gotong royong ini.

Menurut Khairul kegiatan gotong royong  ini sudah lama fakum, selama ini jarang di laksanakan, untuk itu selaku camat dirinya memipimpin langsung giat tersebut. “Kita ingin budaya gotongroyong ini kembali dibangkitkan, karena budaya kebersamaan ini dapat meringankan semua pekerjaan, apalagi untuk membersihkan lingkungan baik di kecamatan maupun semua desa yang ada di wilayah ini,” ujar Khairul.

Kedepan Khairul menginginkan giat gotongroyong ini dilaksanakan secara masif. Dan membangkitkan semangat ini bekerja sama dengan pemerinta desa sekecamata SDT, dan seluruh elemen masyarakat “Giat gotongroyong ini akan menjadi program jumat bersi, dan akan menjadi  kerja rutin secara berama-sama kedepanya” ungkap dia.

Khairul menambahkan, tradisi gotong royong merupakan budaya leluhur nenek moyang sejak jaman dahulu yang patut diterapkan kembali. “Dengan gotingroyong ini bayak sekali keuntungan seperti,meringankan beban pekerjaan, menumbuhkan sikap  rela tolong menolong kebersamaan, kekeluargaan dapat membina hubungan sosial yang baik dan harmonis,” pungkas dia.

Meski baru bertugas kurang lebeh dua bulan, gagasan tersebut mendapatkan apresiasi oleh berbagai kalangan masyarakat setempat, salah satunya Widya Warman.

“Sudah lama hal ini kami inginkan, peran utama dari pemerintah setempat, dalam menghidupkan gairah budaya gotong royong demi kemajuan dan kesejahteraan bersama karena dengan bergotong royong beban yang berat dapat di selesaikan” ucap widia warman stap Damkar kecamatan ini.