Beranda Sumsel Kapolres Pimpin Apel Gabungan Cegah Karhutla di Wilayah Lahat

Kapolres Pimpin Apel Gabungan Cegah Karhutla di Wilayah Lahat

138
0

 

Laporan : Herly

Muaraenimnews.com, LAHAT – Guna mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) , Polres Lahat Gelar Apel gabungan Kesiapsiagaan dan Pencegahan Karhutla di wilayah Kabupaten Lahat, Kamis (25/2) pagi di Halaman Mapolres Lahat.

Apel Gabungan tersebut di hadiri oleh Pj Seketaris Daerah (Sekda) Lahat, Kapolres Lahat, Dandim 0405/Lahat yang diwalili, Kajari Lahat, serta jajaran SKPD Kabupaten Lahat dan perserta apel.

Kapolres Lahat, AKBP. Achmad Gusti Hartono S.IK selaku Pimpinan Apel tersebut mengatakan, tujuan dilaksanakannya Apel Karhutla ini adalah untuk menyamakan persepsi dan kesiapsiagaan personil dalam rangka penanggulangan Karhutla yang hari ini digelar secara serentak.

“Apel ini merupakan suatu bentuk kesiapsiagaan serta mengantisipasi terjadinya bencana Karhutla di wilayah Lahat peranan masyarakat juga sangat penting dalam mengantisipasi terjadinya Karhutla ini, yaitu dengan tidak melakukan pembukaan lahan dengan metode dibakar, “tegasnya.

Masih katanya Keberhasilan dalam mencegah terjadinya Karhutla ini adanya kesadaran dari masyarakat itu sendiri, karena dampak dari terjadinya Karhutla ini sangat besar, yaitu dapat menimbulkan gangguan Kesehatan, Ekonomi dan Keamanan.

“Diharapkan juga kepada masyarakat Kabupaten Lahat agar dapat bersama-sama melakukan pencegahan kebakaran dan meningkatkan kewaspadaan serta merubah perilaku pembakaaran saat akan membuka dan membersihakan lahan,” himbaunya.

Usai melakukan apel bersama giat dilanjutkan dengan simulasi kebakaran, yang diperagakan oleh pasukan Pol PP Limas dan Damkar Lahat, yang disaksikan langsung oleh Pj Sekda Lahat, Kapolres Lahat berserta tamu undangan lainya.