Beranda MuaraEnim Ini Alasan Bawaslu Muaraenim Tidak Menindak Lanjuti Dugaan Politik Uang

Ini Alasan Bawaslu Muaraenim Tidak Menindak Lanjuti Dugaan Politik Uang

103
0

 

Laporan Kris

Muaraenim News, MUARAENIM – Karena tidak mendapatkan informasi tambahan sebagai dasar tindakan lanjutan yang akan diambil, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muara Enim mengehentikan informasi awal yang sempat beredar bahwa adanya politik uang yang dilakukan oleh salah satu Calon Legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa. 

Informasi awal yang telah beredar baik disosial media dan beberapa chat grup yang diterima Bawaslu yakni adanya foto yang menunjukan salah satu Caleg memberikan bingkisan berupa kertas suara, dompet dan uang tunai kepada masyarakat.

Ketua Bawaslu Muara Enim, Suprayitno yang ditemui di ruangannya, Senin (5/6) mengatakan, setelah mengetahui informasi dan melakukan penelusuran dengan memanggil beberapa saksi untuk dimintai keterangan, ada saksi yang dianggap mengetahui betul mengenai hal tersebut namun tidak bersedia dimintai keterangan setelah diminta hadir.

“Jadi saat kami meminta keterangan saksi pertama, dia mengatakan mendapat info dari saksi kedua. Selanjutnya kami panggil saksi kedua juga memberikan keterangan sama bahwa mendapat info dari pihak yang ternyata tidak bersedia dimintai ketwrangan,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Suprayitno, kalau berdasarkan informasi foto yang beredar saja tidak cukup untuk dijadikan bukti. “Sperti kita tau, bisa saja foto tetsebut rekayasa hanya untuk menjatuhkan salah satu calon. Makandari itu kita butih keterangan pasti,” tambah Suprayitno.

Dari itulah, lanjutnya, pihaknya menilai penelusuran (investigasi) yang dilakukan tidak makaimal hanya berdasarkan info yang sedikit dikantongi pihaknya dan akhirnya tidak bisa mealnjutkan status informasi itu menjadi temuan dan dianggap selesai.

Berdasarkan informasi yang beredar, banyak beredar foto bingkisan berisikan dompet, uang tunai dan surat suara bergambar salah satu Caleg  yang akan maju dalam Pileg di tingkat Provinsi Sumatera Selatan Dapil Sumsel 6.

Dari informasi yang didapat media ini, salah satu saksi yang dimintai keterangan oleh Bawaslu mengatakan bahwa dirinya pernah dipanggil dan dipintai keterangan mengaenai dugaan adanya Money Politik tersebut.

“Benar Saya pernah dipanggil dan dipintai keterangan oleh Pihak Bawaslu terkait beredarnya Foto dugaan money politik yang dilakukan oleh Caleg Provinsi Dapil Sumsel 6. Namun saat itu status saya bukan sebagai saksi, hanya dipintai keterangan darimana asal usul Foto yang beredar tersebut,” ujarnya.

Dalam keterangannya, dirinya tidak tau persis mengenai kronologis sebenarnya dari Foto tersebut. “Namun saat saya tanya ke Pihak Bawaslu melalui Ketua Bawaslu Kabupaten Muaraenim Suprayitno,mengenai Perkembangan mengenai hal tersebut beliau mengatakan masih dalam proses pemanggilan saksi lainya,” pungkasnya.