Beranda MuaraEnim Ingin Kembangkan Usaha,  Petani Tambak Ikan Terkendala Modal

Ingin Kembangkan Usaha,  Petani Tambak Ikan Terkendala Modal

28
0

Laporan Kalbadri

Muaraenim  Newa, MUARAENIM – Upaya masyarakat untuk meningkatkan tarap hidup menjadi lebih baik dengan memanfaatkan lahan yang selama ini kurang efektif sudah di mulai. Namun berbagai  faktor sarana prasarana untuk mendukung majunya usaha masyarakat terutama modal menjadi kendala.

Sejalan dengan hal tersebut beberapa warga yang ingin memulai usaha mencoba bergerak menyatukan ide dan gagasan  untuk membuat semacam wadah atau kelompok dengan nama Petani Tambak Ikan Maju Bersama ( PTIMB ) yang berlokasi di Ataran Sawah Padang Desa Kepur Kecamatan Kota Muara Enim.

Badri,  selaku koordinator kelompok Tani Tambak Ikan Maju Bersama mengatakan, sebenarnya ide dan gagasan untuk memanfaatkan lokasi pengembangan budi daya ikan dan tanaman hultikultura sudah lama akan tetapi karena faktor modal sehingga niat tersebut belum bisa di realisasilakan.

Di akui Badri, kawasan areal persawahan Ataran Sawah Padang Desa Kepur ini sangat bagus untuk di kembangkan atau di buka usaha budidaya atau ternak ikan karena disamping memang lokasi ini merupakan kolam atau tebat masyarakat umum juga merupakan areal persawahan yang sangat luas hingga mencapai puluhan hektare.

Selama ini, tambah Badri. masyarakat sekitar di saat musim hujan hanya memanfaatkan lahan tersebut untuk bertanam padi dengan  masa panen 1 atau 2 kali setahun. Setelah itu lahan persawahan terbengkalai kembali.

Untuk itu, dengan berdirinya kelompok Tani Ikan Maju Bersama, mencoba mengajak pola pikir dan mainset masyarakat terutama yang berusaha di sekitar areal tebat (kolam) untuk sama-sama memulai memanfaatkan Sumber Daya Alam dengan pengelolaan secara baik dan terencana.

Sementara itu,  Vivin salah seorang pengurus kelompok Petani Tambak Ikan Maju Bersama mengatakan,  untuk sementara ini kita mencoba merangkul masyarakat yang berada di Desa Kepur terutama yang sudah memulai usaha budidaya ikan ini.
Dengan terbentuknya wadah atau kelompok PTIMB yang berlokasi di Ataran Sawah  Padang Desa Kepur  Kecamatan Kota Muara Enim Kabupaten Muara Enim dengan anggotanya yakni Badri, Vivin, Birwanto,  Batul, Zulhamdi, Juansyah dan Dedi. kami akan mencoba membuat suatu rencana program untuk memulai mencarikan solusi bagaimana cara  dan kiat mengembangkan usaha untuk memajukan kelompok sehingga bisa maju bersama.

Di akui Vivin, untuk memulai dan mengembangkan usaha untuk bisa maju dan berkembang selain kerja keras juga harus di dukung dengan modal.

Sebab biaya yang di keluarkan  untuk operasional dan peralatan seperti waring, kolam terpal, bibit ikan, pakan,  obat hama,  perangsang dan lainnya membutuhkan dana yang cukup besar.

Untuk itu, kami berharap kepada pihak-pihak yang peduli terutama pemerintah setempat atau dinas terkait atau pihak lain yang ingin memberikan dukungan dan support terutama bantuan modal yang sifatnya tidak mengikat sangat kami harapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here