Beranda MuaraEnim HNU Sampaikan Ucapan Selamat HUT Kota Prabumulih

HNU Sampaikan Ucapan Selamat HUT Kota Prabumulih

46
0

Laporan Hafiz

Muaraenimnews.com, MUARAENIM – Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M.,  atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan seluruh masyarakat Bumi Serasan Sekundang mengucapkan Selamat Hari Jadi Kota Prabumulih ke-20 Tahun, pada 17 Oktober 2021.

 
“Semoga Bumi Seinggok Sepemunyian terus bertambah maju dan unggul demi mewujudkan Kota Prabumulih yang Prima dan Berkualitas,” Ucap HNU
 
Pada 17 Oktober 2021 besok, tepat 20 tahun lalu berdasarkan Undang-undang Nomor 06 Tahun 2001 Prabumulih resmi dinaikkan status dari Kota Administratif di dalam Kabupaten Muara Enim menjadi daerah otonomi Kota Prabumulih dan tidak lagi menjadi bagian dari Kabupaten Muara Enim.
 
Nama Prabumulih yang kita kenal saat ini, diyakini berasal dari perubahan fonologis (bunyi kata) bahasa lokal yaitu Pehabong Uleh yang bermakna meninggi/bertambah tinggi. Pada masa Kolonial Belanda mulai berubah menjadi Peraboeng Ngoeleh, kemudian pada masa Kolonial Jepang kembali berubah menjadi Peraboeh Moelih hingga akhirnya menjadi ejaan saat ini Prabumulih.
.
Etnis lokal Prabumulih yaitu Orang Rambang yang termasuk dalam sukubangsa berkebudayaan Melayu Tengah. Dalam masa Kesultanan Palembang Darussalam, wilayah Orang Rambang disebut Rambang IV Suku, yaitu meliputi Marga Rambang Kampak Tengah, Rambang Lubai, Rambang Niru & Rambang IV Petulai Dangku. Saat ini Rambang Kapak Tengah masuk dalam wilayah Kota Prabumulih dan 3 lainnya dalam Kabupaten Muara Enim.