Beranda Muara Enim Hafiz Doll Permudah Siswa Dalam Menghafal Al-Quran

Hafiz Doll Permudah Siswa Dalam Menghafal Al-Quran

305
0
Laporan Agus Wahyudi Muaraenim

Muaraenim News,  MUARAENIM – Guru Tahfizh MIN 3 Muara Enim Rasikhu, SPdI melakukan terobosan yang sangat bagus dalam proses pembelajaran. Dia menggunakan hafizh doll dalam mengajarkan surah-surah pendek didalam Al-qur’an diruang kelas V, Kamis(1/2/2018).

Siswa kelas V yang berjumlah 32 orang dibagi menjadi 8 kelompok, setiap kelompok berjumlah 4 orang. Kemudian mereka mendengarkan suara dari hafizh doll tersebut.

Setiap kelompok kemudian menyetor hafalan kepada Guru.Hafalan tersebut yaitu Surah Al-Infitor,Surah Al-Muthoffifin, Surah Al-Insyiqoq, Surah Al-Buruj dan Surqh Al-Thoriq.

Beberapa Siswa ada yang telah  hafal dan faseh ketika menyetor surah-surah tersebut,sesuai dengan kaidah dalam Ilmu Tajwid. Adapun Siswa lainnya masih belum lancar mahorijul hurufnya.

Rasikhu, SPdI selaku Guru Tahfizh dan juga Wali Kelas V ketika dibincangi setelah proses pembelajaran, mengatakan bahwa penggunaan hafizh doll dalam pembelajaran Tahfizh sangat efektif untuk mengenalkan tajwid kepada Anak didik.

“Penggunaan hafizh doll sebagai media pembelajaran tahfizh pada Siswa kelas V ini, merupakan hal yang baru Saya gunakan . Akan tetapi efektifitasnya cukup baik dalam pengenalan Ilmu tajwid,”ujarnya.

“Selain itu juga hadizh doll bisa menjadi media audio yang lebih memudahkan Siswa dalam mengahafal surah-surah dalam Al-Qur’an ,”Pungkas alumnus UIN Raden Fatah ini.

Edithor : Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here