Beranda Muara Enim GURU PROFESIONAL HARUS MILIKI 4 KOMPETENSI

GURU PROFESIONAL HARUS MILIKI 4 KOMPETENSI

153
0

Ditulis Oleh Azhari, ketua Komite SMU Negeri III

Jika kita mendengar kata guru,pasti terbesit dipikirkan kita bahwa guru adalah sosok yang tugas utamanya adalah mengajar.

Memang benar salah satu tugas guru adalah mengajar namun selain mengajar,guru mempunyai tugas lain yaitu mendidik dan melatih,dari banyaknya tugas guru itu tugas yang paling berat adalah mendidik,karena mendidik itu harus menanamkan nilai nilai yang baik dan hasilnya dapat terlihat  dari prilaku siswanya yang didiknya tersebut.

Menurut Azhari Ktm ketua Komite SMU Negeri III Muara Enim pada Minggu,(22/10) di KP Meraje Muara Enim untuk menjadi guru profesional harus memiliki 4 (empat) Kompetensi.

Yang pertama Kompetensi Pedagogik yang artinya kompetensi yang harus dimiliki guru yang berkaitan dengan anak yang ia ajar.Pedagogik merupakan ilmu untuk mendidik anak,jadi seorang guru hendaknya memiliki dan memahami kompetensi Pedagogik ini agar mengetahui karakteristik anak yang diajar seperti apa,berikut treatment atau pendidikan yang harus diberikan kepada anak itu seperti apa.

Yang kedua Kompetensi Profesional yang artinya berkaitan dengan seberapa cakap kemampuan seorang guru dalam menjalankan tugasnya.Mulai dari kecakapan mengajar,keluasan pada pemahaman materi,pemahiran dalam menyelesaian administrasi,dan lain sebagainya.Selain itu kompetensi ini berkaitan dengan tanggung jawab dan dedikasi seorang guru dalam mengemban tugasnya.

Yang ketiga Kompetensi Sosial yang artinya berkaitan dengan bagaimana kecakapan sosial dari seorang guru.Seperti cara berinteraksi dengan orang lain karena setiap harinya seorang guru akan berinteraksi dengan orang lain terutama dengan muridnya.Selain itu juga ia harus mampu berinteraksi dengan guru yang lain dan Kepala sekolah sebagai mitra kerjanya.Serta mampu berinteraksi dengan orang tua murid dan juga masyarakat tempat ia mengajar dan tempat ia tinggal.Seorang guru yang profesional harus mampu memiliki kompetensi sosial ini agar ia mampu diterima dilingkungannya.

Yang Keempat Kompetensi Kepribadian yang artinya guru merupakan sosok yang dijadikan teladan oleh anak muridnya,oleh karena itu ia harus memiliki kepribadian yang baik,kepribadian yang patut dijadikan contoh bagi anak muridnya.Kepribadian guru bisa terlihat mulai dari penampilannya,tentu seorang guru harus berpenampilan rapi sehingga dapat dicontoh oleh muridnya.Selain itu juga ia harus memiliki nilai nilai karakter  agar mampu ditanamkan kepada anak didiknya.Guru harus menjadi pribadi yang disenagi anak murid,teman sejawat serta masyarakat.

Dilanjutkan Azhari menjadi guru bukanlah tugas yang mudah karena membuat seorang mengerti sesuatu hal sekaligus mempunyai prilaku yang diharapkan masyarakat itu bukanlah sebuah hal yang mudah.jelas Azhari.

“Ya untuk semua itu diperlukan sebuah profesionalitas untuk melaksanakanya”.terang Azhari.

Seorang guru harus konsisten dalam melaksanakan pekerjaannya,sekaligus mengajar dengan sepenuh hati dengan mengandalkan seluruh kempuanya.tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here