Beranda Tanjung Agung Dukungungan PTBA Pagardewa Jadi Sentra Beras

Dukungungan PTBA Pagardewa Jadi Sentra Beras

72
0
Laporan Rudiansyah

MuaraenimNews, TANJUNG AGUNG – Pagar Dewa Desa di kaki Bukit yang mana mata pekerjan masyarakatnya rata rata bercocok tanam padi di sawah dan berkebon kopi, berkat kegigihan petani setempat akhirnya dilirik PTBA, hingga menjadi sentra beras andalan di Kabupaten Muaraenim, setelah dibina perusahaan tambang di Tanjungenim ini, hal ini diketahui pada saat pembukaan stan kunjungan tiga menteri di Desa Tanjunglalang, Senin (4/3/2019).

Penduduk Desa Pagar Dewa kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim, memiliki puluhan hetar sawah yang terletak tidak jauh dari desa mereka ini dimanfaatkan menjadi sentra beras di wilayah ini.
Berapa tahun belakang CSR PTBA mulai melirik dan memberikan bantuan untuk usaha persawahan maupun pertanian dan industri rumahan masyarakat Desa Pagar Dewa.
Setelah setahun setegah CSR PTBA melakukan program hilirisasi pertanian  terpadu, melalui BUMD PT Pagar Bukit Asam dan memakai pupuk organik sawah 10 hektar bisa menghasilkan untuk penjualan 280 ton pertahun.
Windri wijaya Dirut BUMD PT Pagar Bukit Asam, mengatakan, pada tahun 2016  CSR PTBA melakukan pembinaan dibidang Proklim dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Allhamdulilah  dengan adanya CSR PTBA Desa Pagar Dewa mejadi salah satu Desa pro dengan Iklim di Indonesia, katanya.
“Semoga PTBA selalu maju dan jaya sehingga bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat, terutama dari sektor pertanian,” Harapanya.
Senada dengan Ratih sala satu warga Desa Pagar Dewa menuturkan, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada PTBA yang telah  banyak membantu sektor pertanian di Desa kami, sehinga hasil pertanian persawahan semangkin meningkat, tuturnya.