Beranda MuaraEnim DPC Organda Bersama Dishub Lakukan Sosialisasi ke Beberapa Perusahaan

DPC Organda Bersama Dishub Lakukan Sosialisasi ke Beberapa Perusahaan

205
0

 

Laporan Arif Rahman Hakim

Muaraenimnews.com, MUARAENIM -DPC Organda Kabupaten Muara Enm Bersama Dishub Kabupaten Muara Enim melaksanakan kunjungan sekaligus sosialisasi ke beberapa perusahaan yang menyediakan armada jasa Bus Karyawan di ruang lingkup kabupaten Muara Enim, Selasa (07/09/2021).

Sementara itu, Plt.Kadishub Muara Enim Ir. Jerry Gunawan mengatakan kegiatan ini merupakan kunjungan sosialisasi sekaligus silaturahmi, dan ada beberapa fakta dilapangan yang masih banyak belum melengkapi (K3) di Bus Karyawan tersebut.

Selanjutnya, Adapun tindak lanjut dari ini yaitu para pengusaha jasa angkutan bus karyawan nantinya kita undang untuk kita berikan arahan mengenai apa saja yang perlu dilengkapi dalam operasional bus, Serta hal apa saja yang harus dipatuhi dalam kendaraan bus karyawan tersebut.

“Tak hanya itu, dalam kunjungan tadi telah dihimbau kepada perusahaan Bus karyawan untuk mengurus KIRnya segera bila sudah mati, karena ini menyangkut upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Muara Enim (PAD),” ujarnya.

“Oleh karena itu, sebagai wakil pemerintah Muara Enim kunjungan ini juga sebagai sarana menampung dan menerima masukan dari perusahaan Bus jasa angkutan Karyawan,”tutup plt. Kadishub.

Ketua Organda Muara Enim M.Alifarizi.ST, Menyampaikan” Kami turun langsung ke lapangan untuk melihat sejauh mana serta memastikan apakah bus angkutan karyawan khususnya, dalam operasionalnya apakah didukung dan memenuhi kelengkapan keselamatan(K3),busnya. Semua Bus masih kurang lengkap sesuai standarnya.

Selanjutnya, Kegiatan hari ini masih dalam tahap sosialisasi dan masih melakukan pengarahan serta mengingatkan, namun dengan adanya sosialisasi ini diharapkan perusahaan angkutan bus ini segera berbenah, jangan sampai kedepannya masih seperti ini dan apabila nantinya masih saja maka akan dilanjutkan dengan penindakan oleh instansi yang berwewenang,” ujar M.Alifarizi ST, Kepada awak media kami.

Dalam sarana kujungan silaturrahmi serta sosialisasi ini yaitu untuk memeriksa kelengkapan (K3) dari kendaraan tersebut, seperti alat pemadam ringan, martil pemecah kaca, pintu darurat, kotak P3K, ventilasi atap dan kelayakan bus tersebut.

Selain itu organda mendorong Perusahaan-Perusahaan itu untuk memberikan kontribusi kepada Pemerintah Daerah terutama di bidang KIR, sebagaima Menurut Peraturan No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, KIR mobil adalah serangkaian pemeriksaan yang harus dilakukan guna memastikan jika kendaraan yang beroperasi di jalan sudah sesuai dengan persyaratan, aman, serta layak berkendara di jalan,

Adapun beberapa perusahaan jasa bus karyawan yang dikunjungi ini yakni antara lain PT.Bagong Dekaka Makmur, di kecamatan lawang kidul pool BAK didaerah kalawas, PBT di talang gabus dan ditutup dengan sosialisasi di keban agung PT. Aerotrans Service Indonesia,”pungkasnya.

Kegiatan silaturahmi dipimpin oleh Plt.Kadishub Muara Enim Ir. Jerry Gunawan didampingi Adil Makmur Kepala UPTD Dishub Lawang Kidul, Ketua Organda M.Alifarizi.,ST, Sekretaris Indarli Yaki, Bendahara Yusman Gumanti, Anggota Dishub dan Pengurus Organda lainnya.