Beranda MuaraEnim Dinkes Akreditasi Empat Puskesmas

Dinkes Akreditasi Empat Puskesmas

68
0

Laporan Ndank

Muaraenim News, MUARA ENIM-– Didalam meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di Kabupaten Muara Enim, Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim menggelar akreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di empat Puskesmas yang ada di kabupaten Muara Enim yaitu Puskesmas Ujanmas, Puskesmas Sumaja Makmur kecamatan Gunung Megang, Puskesmas Pulau Panggung kecamatan Semende Darat Ulu, dan Puskesmas Tanjung Raya Semende Darat Tengah.

Pelaksanaan akreditasi tersebut dilakukan selama dua hari yaitu dari tanggal 26-27 September 2018 di keempat Puskesmas tersebut dengan Tim Surveyor yang datang dari Propinsi Riau, dan Lampung.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Muara Enim Vivi Mariani, S.Si, M.Bmd., Apr menyampaikan bahwa akreditasi ini dilakukan guna mencapai tujuan pembangunan kesehatan nasional agar dapat dilakukan secara menyeluruh, berjenjang, dan terpadu karena Puskesmas merupakan garda terdepan dalam upaya pelaksanaan kesehatan dasar.

“Agar Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal perlu dikelola dengan baik, baik kinerja pelayanan, proses pelayanan, maupun sumber daya yang digunakan. Mengingat masyarakat memerlukan kesehatan yang layak dan bermutu sehingga derajat kesehatan masyarakat dapat dijamin, maka dari pada itu akreditasi ini diperlukan,” pungkas Kadinkes Muara Enim saat di temui, Kamis (26/09/2018) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut Vivi menerangkan tujuaannya utama dari akreditasi sebuah Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen resiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

“Pendekatan yang dipakai dalam akreditasi Puskesmas adalah keselamatan dan hak pasien serta keluarga, dengan tetap memperhatikan hak petugas. Prinsip ini ditegakan sebagai upaya meningkatkan kualitas dan keselamatan pelayanan,” lanjutnya.

Kemudiaan Vivi berharap kepada seluruh pihak agar dapat membantu proses akselerasi pencapaian akreditasi Puskesmas dengan cara memberikan penggalangan komitmen, workshop, pengenalan standar dan instrumen, self assessment (penilaian diri sendiri), melakukan pendampingan penyusunan dokumen, dan berbagai macam dukungan lainnya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan kabupaten Muara Enim untuk mencapai mutu Puskesmas yang baik.

“Saya berpesan bahwa akreditasi ini bukanlah tujuan akhir didalam pengukuran penilaian pelayanan mutu di sebuah Puskesmas, namun hal ini dilakukan sebagai wadah untuk mengukur sejauh mana pelayanan mutu yang telah diterapkan oleh Puskesmas,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here