Beranda Lawang Kidul Desa Tegalrejo Adakan Pelatihan Pengolahan Sampah.

Desa Tegalrejo Adakan Pelatihan Pengolahan Sampah.

43
0
Desa Tegalrejo Adakan Pelatihan Pengolahan Sampah
Laporan : Rudi yansyah.

Muaraenim News, LAWANG KIDUL – Pelatihan pengelolahan sampah rumah tangga Desa Tegalrejo Kecamatan Lawang Kidul, kegiatan Dana Desa Tahap tiga tahun anggaran 2018.Yang di sosialisai dan pelatihan pengelolahan sampah 2018, dari dinas lingkungan hidup (Lh), Rabu, ( 05/12/2018).

Pelatihan pengelolahan sampah rumah tangga yang di laksanakan di ruang rapat kantor Desa Tegalrejo.Kegiatan ini di ikuti lima puluh perserta latihan yang berasal dari Desa setempat.
Pelatihan dan sosialisai dengan  narasumber dari Dinas Lingkung Hidup, yang di hadiri, seketaris Dinas linkungan hidup kabupaten Muaraenim Ir H.Asmawi, MT. Berserta rombongan dan narasumber Bapak Hanar Dono dari pali.
Dalam kata sambutanya Teddy Harsoyo selaku kades Desa Tegalrejo mengatakan, sampah bukan permasalahan di Desa saja bahakan masalah sampah ini sudah mendunia.
“Dengan adanya pelatihan dan sosialisai pengelolahan sampah ini, kedepanya sampah bisa kita manfaatkan sehingga bisa menjadi pendapatan sampingan kita semua,” harapnya.
Senada dengan Ir H.Asmawi, MT, permasalahan sampah sudah mendunia bukan hanya di tempat kita saja, sampah di hasilkan dari bayi sampai ke kakek nenenk, saat ini satu orangnya bisa menghasilkan sampah 0, 7 kilo gram sampah perharinya, katanya.
Hanar Dono selaku Narasuber dalam sosialisai mengatakan, baik itu Kabupaten Muaraenim khusunya pada umumnya seluruh Indonesia. Agar setiap Desa kometmen
dalam pengelolahan sampah, karna masalah sampah bukan masalah perorangan karna ini sudah masalah Dunia dan kelasik.
“Pengelolahan sampah ini di kelola Desa bukan bentuknya angkut buang harus ada pengelola. Dari sumber rumah tangga bekerja sama dengan pengelola dan BUMDES sehinga  bisa meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat,”harapnya.
Pantauan media, kegiatan ini di ikuti lima puluh perseta, dan di hadiri Kepala Desa Tegalrejo, Kadus, RT, Tokoh pemuda dan masyarakat, ibu ibu PKK, serta Dinas Lingkungan Hidup dan Nara sumber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here