Beranda MuaraEnim Dekatkan Pelayanan Pengaduan Bagi Perempuan dan Anak, Asisten Administrasi Umum Pimpin Rapat...

Dekatkan Pelayanan Pengaduan Bagi Perempuan dan Anak, Asisten Administrasi Umum Pimpin Rapat Pembentukan UPTD PPA

175
0

Laporan Ar Rahman

Muaraenimnews.com, MUARAENIM -Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Muara Enim Ir. Maryana didampingi kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Vivi Mariani, S.Si., M.Bmd., Apt.,serta Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Muara Enim, Wulandari Wijayanti, S.H., KN., dan OPD terkait menggelar rapat pembentukan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) perlindungan perempuan dan anak pada Dinas PPPA Pemkab. Muara Enim, pada Kamis siang (24/06) bertempat di Ruang Rapat Serasan Sekundang Kantor Bupati Muara Enim.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Administasi Umum menyampaikan bahwa “pembentukan UPTD PPA sangat perlu dilakukan sebagai bentuk kewajiban pemerintah daerah untuk menyediakan layanan perlindungan perempuan dan perlindungan khusus bagi anak yang telah diamanatkan dalam UU Nomor 23 tahun 2014″terangnya.

Lebih lanjut, Asisten Administrasi Umum juga menyampaikan “bahwa dengan jumlah penanganan sebanyak 147 kasus yang dilakukan Dinas PPPA pada Tahun 2020 yang menimpa perempuan maupun anak yang terjadi dan telah ditangani oleh Dinas PPPA Pemkab. Muara Enim, maka hal tersebut perlu mejadi perhatian serius serta merupakan urusan wajib dari pemerintah daerah untuk melakukan penangan lebih Komprehensif dengan pembentukan UPTD PPA,” ucapnya.

ditambahkan pula, “bahwa urusan perlindungan perempuan dan anak merupakan urusan wajib, karena menyangkut 90,87 juta perempuan dan sekitar 80 juta anak dengan jumlah total 170 juta penduduk Indonesia. Untuk itu, pembentukan Unit Pelayanan Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) sangatlah perlu dilakukan,”katanya.

Asisten Administrasi Umum berharap dengan terbentuknya UPTD PPA nantinya kedepan, dapat lebih mengoptimalkan fungsi dan peranan yang selama ini telah dilakikan oleh Dinas PPPA sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah daerah, sehingga dapat memberikan kemudahan terhadap pelayanan maupun penanganan terhadap tindak kasus kekerasan yang terjadi pada perempuan maupun anak.

“Dapat dijelaskan bahwa tugas pokok UPTD PPA nantinya adalah untuk melaksanakan kegiatan tekhnis operasional di wilayah kerjanya dalam memberikan layanan bagi perempuan dan anak yang mengalami masalah kekerasan, diskriminasi, perlindungan khusus dan masalah lainnya. Selain itu juga sebagai pusat layanan penanganan korban kekerasan perempuan dan anak yang nantinya akan lebih mudah dijangkau serta memberikan rasa aman bagi korban tindakan kekerasan,” tutupnya.