Beranda Muara Enim DANA SUKARELA WARGA UNTUK PUGAR MAKAM KERAMAT PUYANG SEDUPI

DANA SUKARELA WARGA UNTUK PUGAR MAKAM KERAMAT PUYANG SEDUPI

835
0

Muaraenim News, PALI – Bagi masyarakat yang tinggal di daerah kawasan Pesisir Lematang khususnya warga Desa Sedupi Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI, nama makam puyang Sedupi bukanlah sesuatu hal yang asing lagi di telinga masyarakat setempat. Bahkan ketenaran makam puyang sedupi juga di kenal oleh sebagian besar masyarakat kecamatan lainnya seperti Abab dan Penukal. Tak heran jika kita banyak menjumpai para peziarah di tempat ini, selain merupakan makam yang dihormati sebagai leluhur mereka, makam puyang sedupi tentunya harus di jaga kelestariannya sebagai warisan peninggalan budaya dari masa lampau.

“Dengan didasari itulah makam puyang sedupi ini kami Pugar dan dibangun dengan atap permanen guna menjaga kelestarian budaya dan menghormati para leluhur kami,” ujar zainul arifin khalik yang di dampingi Nurman (39) dan Edi kayanto(32) warga setempat, pencetus pembugaran makam puyang sedupi pada muaraenimNews jum’at(06/10/17).

Di ceritakannya, pemugaran komplek makam puyang sedupi dengan ukuran 8 M X 24 M murni bersumber dari dana pribadi serta berasal dari sumbangan sukarela para warga.pihaknya telah berusaha mengajukan proposal bantuan ke Dinas-dinas terkait perihal pembangunannya. Tetapi sampai sekarang belum ada tindakan, sehingga dirinya dan warga berinisiatif membangun dengan swadaya.

“Adapun nama-nama puyang yang ada di sini yaitu puyang Mahmudin atau Muhammad Ali Solikin Sait Sailillah pesuruh Allah, Puyang Masurinting Serunting Mas Serunting sakti (Serancang Mas) dan Puyang Panglima Kumbang, dimana orang-orang populer menyebutnya sebagai puyang Sedupi,” ungkapnya.

Pihaknya  sangat mengharapkan partisipasi dan bantuan dari semua pihak dan donatur, lantaran sampai sekarang pihaknya masih kekurang dana untuk pembangunan makam puyang Sedupi, terutama kekurangan bahan material bangunan seperi batu bata dan semen.

Penulis : Budi
Editor   : Hafiz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here