Beranda Semende Bupati dan Wakil Bupati Bangga dengan Tradisi Makan Setalam

Bupati dan Wakil Bupati Bangga dengan Tradisi Makan Setalam

77
0

Laporan Hafizul Ahkam

Muaraenim News, SEMENDE – Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim Ir H Ahmad Yani dan H Juarsah SH, bangga dengan tradisi makan setalam bersama pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang dilaksanakan di Masjid Jamik Al Ikhllas Desa Cahaya Alam. Hal ini disampaikannya melalui Ely Sardani SE, Kabid Kabid Pertahanan Budaya Agama dan Kemasyarakatan (Hamdak), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Minggu, (2/12/2018).

Acara maulid nabi yang dilaksanakan masyaraka Desa Cahaya Alam ini, mengundang Bupati dan Wakil Bupati Muaraenim, namun karena ada tugas lain di Jakarta untuk Kabupaten Muaraenim kedepan, maka di delegasikan kepada Badan Kesbangpol setempat.

Dalam acara maulid ini dua orang penceramah yang menyampaikan Hikmah Mualid Nabi Muhammad SAW ini Tengku Bambang, dan Ustad Sufriadi dari Kecamatan Semende Darat Laut.

Ely Sardani, SE menyampaikan permohonan Maaf Bupati dan wakil Bupati, karna tidak bisa hadir pada acara  dikarnakan ada tugas yang tidak bisa diwakilkan, begitu jg Kaban Kesbang Pol ME juga menghadiri Giat di Jakarta.

Dalam kesempatan ini disampaikan kepada Masyarakat Khususnya di desa Cahaya Alam,  dalam rangka mensukseskan Pesta Demokrasi Pemilihan Umum Presiden dan Wakil presiden serta Anggota Legislatif pada tanggal 17 April 2019 mendatang, Pemerintah mengajak  menghadiri dan memilih pemimpin untuk 5 tahun mendatang.

“Selain itu kita juga bangga dengan adat Istiadat yang ada di Masyarakat semende, Jangan pernah dirubah tetap dipertahankan, kita jaga dan kita lestarikan karna merupakan peninggalan nenek moyang kita, demikian juga tradisi makan setalam bersama ini,” Kata Ely.

Sementara itu Kepala Desa Cahaya Alam Amrullah kepada wartawan mengatakan, makan setalam bersama di acara maulid nabi merupakan tradisi turun temurun yang dilaksanakan oleh masyarakatnya.

“Biasanya di acara Maulid Nabi ini kita memotong kerbau tanda syukur kita atas kelahiran baginda Rasulullah SAW, dan daging tersebut disajikan lengkap dengan nasi, dalam satu talam dan dimakan bersama ribuan masyarakatnya, inilah ikatan silaturrahmi kita makin kental dan akrab,” ujar Amrul.

Giat ini dihadiri  Ely Sardani, SE / Kabid Ketahanan Budaya, Agama dan Kemasyarakatan, Kasubbid Ketahanan Agama dan Kemasyarakatan, Staf Badan Kesbang Pol, Amrullah Kepala Desa beserta perangkat desa, Ustadz Penceramah KH. Bambang dan Ustadz Supriadi, Toko Agama, toko Masyarakat, toko adat, toko pemuda remaja Masjid dan seluruh Masyarakat Desa Cahaya Alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here