BerandaSemendeBunga Rafflesia Tumbuh di Semende

Bunga Rafflesia Tumbuh di Semende

642
0
Laporan Dadang
 
Muaraenim News, SEMENDE – Bunga Rafflesia Arnoldi biasanya tumbuh di wilayah propinsi bengkulu, mengejutkan beberpa fotografer lokal menemukan bunga langka tersebut di hutan Sauk Bate, Desa Pagaragung, Kecamatan Semende Darat Laut (SDL) Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan.
 
Bermula dari pemotretan alam oleh fotografer lokal dari Muaraenim, untuk mendokumentasikan suasa hutan yang masih asri, Senin  (24/08/2020).Yongki Irawan putra Kades setempat yang turut bersama dalam kegiatan tersebut, terkagum melihat bunga langka itu tumbuh indah di bawah sebuah pohon di tebingan hutan wilayah ini.
 
Menurut Yongki Irawan bunga sudah mekar, perkirakan berdiameter sekitar 45 cm, dengan memilik lima kelopak buah, dengan warna kemerahan menawan para fotografer ini.
 
“Saat ini bunga terbesar di dunia itu sudah mulai ramai di kunjungi, dan kita bisa langsung menyaksikan bunga langka ini di desa kita,” ujar dia.
 
Sementara Kepala Desa Pagaragung Saili menuturkan, pihaknya bersama perangkat desa, karangtaruna dan masyarakat setempat, segera memagar bunga puspa pesona langkah itu, supaya tumbuhan tersebut  tidak  di rusak.
 
“Hari ini kita segera memagar bunga eksotis ini, suoata aman dan tidak rusak, karena bunga ini tidak berusia panjang, ini kebanggan kami, diberi tuhan bunga langkah ini,” pungkas dia, Selasa (25/8/2020).
 
 
Untuk diketahui, bunga Rafflesia ini, merupakan parasit tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai.

Diameter bunga ketika sedang mekar penuh, bisa mencapai 1 meter. Dengan berat mencapai sekitar 11 kilogram.

Bunga Rafflesia menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma.

Satu-satunya bagian yang bisa disebut sebagai “tanaman” adalah jaringan yang tumbuh di tumbuhan merambat Tetrastigma.

Bunga ini mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat, seperti mulut gentong.

Di dasar bunga, terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik. Bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina. Hewan penyerbuk adalah lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan bunga.

Umur yang pendek

Bungar Rafflesia, setelah mekar sempurna, tidak bertahan lama. Biasanya, hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari). Setelah itu, layu dan mati.

Persentase pembuahan sangat kecil, karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu minggu, itu pun kalau ada lalat yang datang membuahi.

Namun, untuk pelestarian, Bunga Rafflesia dijaga dan dalam upaya penangkaran. Disebutkan, ia bisa tumbuh sempurna dibeberapa tempat, seperti di Kebun Raya Bogor.