Beranda Lawang Kidul Berapa Rumah Di Kampung Empat Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul Terancam Longsor

Berapa Rumah Di Kampung Empat Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul Terancam Longsor

214
0
Laporan : Rudi yansyah.

MuaraenimNews, LAWANG KIDUL  –Beberapa rumah warga di bantaran sungai enim terancam longsor dikarnakan erosi salah satunya rumah kakek Imbron yang sudah berusia lajut dengan mata pencarian yang tidak menetap, Sabtu (30/02/2019).

Rumah yang berukuran sekitar 8 x 5 meter yang dihuni tiga kepala kelurga termasuk kakek Imbron. rumah yang berjarak lebih kurang 25 meter dari bibir sungai enim terletak di kampung empat Desa Darmo Kecamatan Lawang Kidul. Kabupaten muaraenim . Sumatera Selatan.
Imbron (65) kakek pemilik rumah  mengatakan, dulu saat ia membangun rumah jarak bangunan dengan sungai hampir 50 meter termakan waktu jarak rumah dengan sungai semangkin dekat, seperti saat ini hanya 25 meter lagi, katanya.
“Permasalahan rumah yang hampir longsor ini sudah saya sampaikan ke perangakat Desa dan Kekecamatan berapa waktu yang lalu walau itu cuma secara lisan”, tutur Imbron.
Imbron mengharapkan, Kepada pemeritah agar dapat membantu masyrakat yang rumahnya terancam longsor. Agar bisa kiranya membangun tembok penahan agar rumah masyarakat tidak  terbawa tanah yang longsor, harapnya.
Imbron menambahkan, sekitar tahun 2011/2012, pernah ada bangunan pemerintah berbentuk beronjong untuk menahan tanah agar tidak longsor, tapi saat ini berojong tersebut tidak terlihat lagi karna amblas, tambahnya.
Abli..tetanga korban Imbron mejelaskan, tanah longsor yang nyaris menyeret beberapa rumah dan  Istalasi pengelolahan air limbah ( IPAL) di kampung 4 Desa Darmo, jelasnya.
Saat Media mau konfirmasi dengan pihak pemerintah Desa, perangkat Desa Lagi Libur berhubung bukan hari kerja.