Beranda MuaraEnim Barang Bukti Narkotika Senilai ± 1,2 Milyar Dimusnahkan Di Halaman Kantor Kajari...

Barang Bukti Narkotika Senilai ± 1,2 Milyar Dimusnahkan Di Halaman Kantor Kajari Muaraenim

154
0

Laporan M.Zulfadli

Muaraenim News, MUARAENIM – Sebagai bentuk kepedulian pemberantasan narkotika maupun tindak kriminal lainnya yang meresahkan masyarakat dan menghindari penyalahgunaan barang bukti oleh oknum yang tidak bertanggung jawab pada wilayah kabupaten Muaraenim.

Kejaksaan Negeri Muaraenim memusnahkan barang bukti narkotika dan psikotropika jenis ganja sabu-sabu dan ekstasi di di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim. kamis (09/07/2020).

Sebanyak 3,46 kg atau senilai ± Rp. 173.316.950,- shabu-shabu sebanyak 570.109 gram atau senilai Rp.856.163.500,- ekstasi sebanyak 1524 butir atau senilai ± 304.800.000, senjata api atau senjata tajam sebanyak 39 unit, handphone sebanyak 97 buah serta alat judi jackpot dengan jumlah total keseluruhan barang bukti yang akan dimusnahkan yang berasal dari barang bukti narkotika jika dinilai dengan Rp senilai ± Rp.1.187.295.195,- tersebut setelah perkara yang ditangani memiliki kekuatan hukum tetap yang berasal dari perkara periode Oktober 2019 s/d Juni 2020.

Pemusnahan ini merupakan bagian dari eksekusi barang bukti selain eksekusi terhadap benda dan pelaku kejahatan pemusnahan barang bukti narkoba ini dengan cara diblender untuk sabu-sabu ekstasi dan dibakar untuk ganja korek api dan kantong plastik sabu-sabu dan untuk senjata api dan senjata tajam dengan cara dipotong menggunakan gerinda pemotong besi.

Acara ini dihadiri PLT bupati Muaraenim H.Juarsah, SH, ketua DPRD Muaraenim atau yang mewakili, Kapolres Muaraenim Dandim 0404 Muaraenim, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Muaraenim, serta Kalapas Kelas ll B Muaraenim dan dinas kesehatan kabupaten Muaraenim.

Kajari Muaraenim Mernawati SH mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap pemberantasan narkotika maupun tingak kejahatan di kabupaten Muaraenim.

“Kita berkumpul di Kantor Kejaksaan Negeri Muaraenim sebagai bentuk kepedulian pemberantasan narkotika maupun tindak kriminal lainnya yang meresahkan masyarakat dan menghindari penyalahgunaan barang bukti oleh oknum yang tidak bertanggung jawab pada wilayah kabupaten Muaraenim,”ungkapnya

Plt. Bupati Muaraenim H.Juarsah SH memberikan dukungan sebesar-besarnya kepada para aparat penegak hukum, baik itu kepolisian, pengadilan maupun kejaksaan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“kegiatan ini diharapkan menjadi momentum bagi kita semua untuk memerangi tindak kejahatan pertama kali pemberantasan narkotika dan penyalahgunaan zat psikotropika yang meresahkan masyarakat.

Keberadaan penegak hukum tak hanya berperan sebagai mitra kerja bagi Pemkab. Muaraenim melainkan juga sebagai pengawas, pengayom dan pengamanan penyelengaraan pemerintahan demi suksesnya program-program pembangunan daerah,” katanya.

Dalam kesempatan itu pula Plt. Bupati menyampaikan ucapan terimakasihnya terhadap aparat penegak hukum dan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen bersama, guna mencegah tindak kejahatan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas usaha bapak ibu semua para penegak hukum di Kabupaten Muara Enim dalam menjalankan tugasnya secara baik dan profesional sehingga mampu mengungkapkan maupun menyelesaikan perkara hukum di kabupaten Muaraenim yang kita cintai ini.

Semoga Kabupaten Muaraenim akan semakin baik dan kondusif sehingga dapat mendukung terwujudnya event pembangunan yang positif yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Muaraenim sehingga terwujud Muara Enim yang MERAKYAT, Mandiri, Agama Berdaya Saing, Sehat dan sejahtera,”tutup Plt Bupati