Beranda Sumsel APRI Lahat Resmi Dikukuhkan Bupati

APRI Lahat Resmi Dikukuhkan Bupati

232
0

Laporan Herli

Miaraenimnews.com, LAHAT – Bupati Lahat Cik Ujang, SH menghadiri serta langsung Melantikan dan Pengukuhan Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Lahat Periode 2021-2025 Bertempat Pendopo Rumah Dinas Bupati Lahat. Selasa (31/08).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Lahat, Pj Seketaris Daerah (Sekda) Lahat, Forkompinda, Seluruh Kepala OPD Lahat, Seluruh Kabag Setda Lahat, Kakamenag Lahat, APRI Sumsel serta Kekamenag Provinsi Sumatera Selatan dan Jajaranya.

Laporan Kakan Kemenag Kabupaten Lahat Kakawil Lahat, Drs. H. Rusidi Dafar, MM menyampaikan penghulu adalah sebuah jabatan fungsional khusus untuk Kantor Kemenag seluruh wilayah Indonesia. Apresiasi atas kegiatan yang telah dilaksanakan dan ucapan terimakasih kepada Bupati Lahat yang telah memfasilitasi kegiatan, keberadaan APRI ini dapat diterima oleh masyarakat serta APRI dapat bersinergi dengan Pemkab, Kemenag, dan masyarakat.

“Tugas penghulu sendiri ialah memberikan kajian- kajian fiqih munakahat yaitu aturan hukum tentang pernikahan (mulai dari aqad nikah hingga aturan tentang berumah tangga) Untuk memberikan masukan kepada Pemerintah, Menjadi penghulu banyak proses yang dilalui tentunya dengan melalui Diklat itu kepada pengurus APRI kiranya dapat berkerja dengan sebaik mungkin, bekerja dengan Profesionalitas dan intergritas untuk memajukan Kabupaten Lahat sesuai dengan bidang masing-masing, ” terangnya.

Semetara Ketua Pengurus APRI Sumsel Drs. H, Anwar, MHI, menyampaikan APRI Merupakan suatu organisasi yang baru bagi para penghulu yang ada di Indonesia yang kesemuanya Laki-Laki. APRI bertugas memberikan legalisasi atas keabsahan sebuah pernikahan.

“Sebagai inpormasi Kabupaten Lahat yang ke 9 APRI yang dikukuhkan di wilayah Sumatera Selatan. Disini kami mengucapkan ribuaan terimakasih kepada Bupati Lahat beserta jajaranya yang mana telah memberi dukungan didalam pelaksanaan Pengukuhan ini, “ungkapnya.

Masih katanya APRI Lahat belum memiliki apa- apa, berharap kepada Bupati Lahat dapat memberikan dukungan penuh, sehingga tugas dari APRI dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar menujuh Lahat semakin Bercahaya.

“Kepada Pengurus bekerjalah dengan sesuai aturan, Profesionalitas tanpa Integritas akan mengalami kehancuran begitupun Integritas tanpa Profesionalitas akan mengalami kepakuman. Untuk itu baiknya integritas dan profesionalitas harus dipadukan sehingga dapat menuju APRI yang Profesionalitas dan Integritas dalam melakukan pelayanan, ” tambahnya.

Ditempat yang sama Bupati Lahat, Cik Ujang, SH menyampaikan Selamat kepada pengurus APRI yang baru saja dilantik, Penghulu merupakan profesi yang sangat mulia garda terdepan dari Kementerian Agama dan pemerintah, memegang peranan penting karena penghulu berhadapan langsung dengan masyarakat sehubungan dengan hal tersebut kiranya para penghulu dapat ikut serta mensosialisasikan kepada masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

“Dengan adanya APRI mari kita tingkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pemkab Lahat mendukung APRI dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, sehingga dapat mengujudkan Kabupaten Lahat semakin Bercahaya, “ungkapnya.