Beranda Sumsel Abu Nawas : Jangan Sanggup Membeli Tak Sanggup Merawat

Abu Nawas : Jangan Sanggup Membeli Tak Sanggup Merawat

79
0

Laporan Hafiz

Muaraenim News, OKU – Kajari Ogan Komering Ulu (OKU) Bayu Pramesti, SH melalui kasi Intel, Abunawas SH sebagai ketua Tim TP4D menyampaikan supaya pemerintah dapat memelihara kendaraan pemadam kebakaran (damkar) yang telah di beli.

“Hendaknya pemerintah jangan hanya sanggup membeli namun tidak sanggup merawat kendaraan ini,” kata Abu nawas dalam sambutannya di acara penyerahan secara resmi mobil Jenis blanwer dari pemerintah daerah ke dinas damkar OKU dan uji coba kelayakan di Halaman Dinas Damkar setempat, Jumat (29/11/2019).

Kasi Intel, Abunawas SH sebagai ketua Tim TP4D menyampaikan, mobil pemadam kebakaran ini bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), hal ini sangat diperlukan karena maraknya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah ini, sehingga berkat usaha bersama, ditambah pemerintah mendukung dengan pengadaannya mobil ini.

“Kami sebagai aparatur hanya mendampingi dan pengawasan sebagai implementasi anggaran daerah bisa terserap tepat waktu, tepat guna dan sasaran.
Selain itu mobil ini ada garansi pompa selama 5 thn dan body serta karoseri dua tahun oleh pihak perusahaan sebagai penanggung jawab barang,” ungkap Abu.

Abu menambahakan, pengadaan dua unit mobil damkar ini merupakan proyek yg berskala prioritas karena selain memanggulangi karhutla, mobil ini jg berguna melayani masyarakat seperti kebakaran dan lain sebagainya.

“Pesan kami dari tim TP4D agar mobil ini dioperasikan oleh petugas yang faham dan mengerti sesuai bidangnya, supaya mobil dapat digunakan dalam waktu lama, terawat dengan baik,” Punkas dia.

Kepala Dinas Damkar Aminelson ,S SIS,MM saat menyampaikan laporannya mengatakan, bertambahnya dua unit mobil damkar ini maka di 13 Kecamatan Kabupaten Oku yang ada tinggal dua kecamatan yang belum memiliki kendaraan pemadam kebakaran ini.

“Harapan kedepan bisa terpenuhi kekurangan tersebut, disini kami sampaikan terimakasih kepada pihak pemerintah daerah dan pihak Kejaksaan OKU yang telah membantu proses pengadaan mobil ini melalui pendampingan TP4D,” papar dia.

Di sisi lain Wakil Bupati OKU, Drs Johan Anwar menyampaiakan terimakasih kepada unsur terkait terutama pihak Kejaksaan(TP4D) yg telah membantu mendampingi proses pengadaan mobil damkar ini dari awal hingga bisa kendaraan damkar OKU sudah bertambah dua unit lagi.

“Mobil damkar ini selain untuk mengatasi karhutla tetapi juga untuk melayani masyarakat Kabupaten OKU, dari itu ni tolong dipelihara dan di jaga serta di manfaatkan tepat guna agar bisa terawat dengan baik. Kepada pihak perusahaan supaya garansinya dipertanggung jawabkan sesuai dengan presedurnya, mudah mudahan kedepan dengan usaha kita semua agar pihak perusahaan yang ada di OKU bisa Membantu pengadaan mobil jenis blanwer ini,” pungkas dia.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati OKU, Drs Johan Anwar, Kajari Oku Bayu Pramesti, SH diwakili kasi Intel , Abunawas SH sebagai ketua Tim TP4D kejari Oku, Dandim diwakili Danramil 403-12 Dim 0403/OKU, Kapolsek Baturaja Timur Akp Jhoni, Kepala Dinas Damkar OKU Aminelson S SIS MM, Kadin PUPR candra, ST, Kepala OPD dan insan pers dan Personil Dinas Damkar .

Dua unit damkar tersebut diperuntukkan untuk Kecamatan KPR dan Sosoh Buayrayap, sementara  yang belum memiliki kendaraan ini Kecamatan Sinar Peninjauan dan Muara Jaya, rencana akan dianggarkan tahun 2020 yang akan datang. Nilai belanja dua kendaraan ini kurang lebih Rp 3
miliyar rupiah.