Beranda MuaraEnim 117 Ribu Siswa Siswa SD SMP di Muaraenim Dapat Seragam Sekolah Gratis

117 Ribu Siswa Siswa SD SMP di Muaraenim Dapat Seragam Sekolah Gratis

121
0

 

Laporan Hafiz

Muaraenim News, MUARAENIM – Sebanyak 117 ribu siswa sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Muaraenim, pada tahun ajaran baru 2019 akan mendapatkan seragam sekolah dan sepatu gratis dari Pemerintah kabupaten Muaraenim.

Kepastian itu disampaikan Bupati Muaraenim, Ir H Ahmad Yani MM didampingi Wakil Bupati Muaraenim, H Juarsah SH ketika melakukan silahturahmi dengan 590 Kepala Sekolah SD/MI dan SMP/MTs Se-Kabupaten Muaraenim, pada Selasa (28/5/2019) lalu.

Kegiatan silaturahmi tersebut diselenggarakan di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu Kabupaten Muaraenim.

Bupati Muaraenim, Ir H Ahmad Yani MM mengatakan pada tahun ajaran 2019 ini, akan merealisasikan pemberian baju seragam sekolah dan sepatu gratis kepada 117 ribu siswa SD,SMP, MI dan MTS negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Muaraenim.

Pemberian seragam dan sepatu sekolah itu diberikan sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Muaraenim yang MERAKYAT.

Menurut orang nomor 1 di Kabupaten Muaraenim itu, pemberian seragam sekolah dan sepatu gratis melalui anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) daerah yang diserahkan kepada sekolah masing masing.

“Nantinya pihak sekolah yang akan menunjuk penjahit-penjahit lokal yang akan menjahit seragam siswa tersebut, program pemberian seragam sekolah dan sepatu ini sesuai visi misi kita yang Merakyat, ” ungkap Bupati.

Dengan diberdayakannya para penjahit lokal, tentu program pemberian seragam gratis itu nantinya menimbulkan pultiplayer efek bagi penjahit lokal. 

“Para penjahit lokal akan mendapatkan orderan, sehingga kedepan akan meningkatkan perekonomian para pejbahit mereka,” lanjut.

Sementara tujuan diberikannya seragam gratis itu yakni agar tidak ada kesenjangan bagi para pelajar yang berasal dari ekonomi lemah dengan ekonomi yang kaya.

“Selain itu juga harapan kita dengan adanya program ini akan memotifasi para siswa agar lebih bersemangat untuk belajar,” harapnya.

Sementara Kepala BPKAD Muaraenim, Armeli Mendri menegaskan, jika penyaluran anggaran seragam dan sepatu sekolah gratis tersebut melalui dana BOS daerah.

“Alokasi anggaran yang diberikan untuk siswa SD dan MI sebesar Rp 300 ribu per siswa, sedangkan SMP dan Mts sebesar Rp 350 ribu per siswa,” bebernya.